Hamka Hendra Noer; Peminat Baseball Banyak, Sayang Minim Fasilitas

Baseball maupun softball merupakan olahraga yang sedang berkembang di Indonesai. Untuk itu, perlu dorongan dari pemerintah Pusat maupun Daerah untuk mengembangkan olahraga ini.

DENPASAR-fajarbali.com | Hal tersebut dikatakan Asisten Deputi (Asdep) Olahraga Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, Dr. Hamka Hendra Noer, saat gala dinner dengan Tohto Junko Baseball University Japan, di Sanur-Bali, Minggu, 26/11/2017.

“Baseball maupun softball sudah masuk dalam golongan pertandingan internasional. Apalagi di tahun 2018 nanti, baseball akan dipertandingan dalam Asean Games,” ungkapnya.

Menurutnya, perkembangan baseball saat ini peminatnya sangat banyak. Akan tetapi fasilitas lapangan sebagai penunjang utama olahraga ini masih sangat terbatas. “Inilah yang perlu dorongan, baik dari pemerintah pusat maupun daerah,” katanya.

Untuk pemerintah pusat sendiri, lanjutnya, telah melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan olahraga ini. Salah satu langkahnya, yakni menjalin kerjasama dengan Jepang.

 “Kita sudah kerjasama berturut-turut sejak dua tahun lalu di Jakarta dan saat ini di Bali. Sehingga di Bali, muncul bibit pemain baseball yang baik, dan terbukti berhasil meraih runner up,” lanjutnya.

Hal tersebut, paparnya, juga membuktikan respon positif dari pemerintah daerah dalam mendukung mengembangkan olahraga ini di Bali. Apalagi olahraga ini, sangat digemari wisatawan asing.

“Kalau mereka liburan dan membuat summer camp dengan embel-embel Bali, saya kira akan sangat luar biasa,” jelasnya.

Ke depan ia berharap, olahraga baseball dan softball yang termasuk ke dalam olahraga rekreasi ini, semakin hari semakin dicintai dan digemari masyarakat. Dan untuk itu, tekannya, perlu ada dorongan dari pemerintah pusat maupun daerah.

Terutama di Bali, dan harus ada penunjang fasilitas untuk mendorong olahraga ini. “Olahraga ini membutuhkan spesifikasi lapangan yang khusus,” tekannya.

Sementara, Pounder Bali Redsox Baseball and Softball Club Kazuto Nonaka menyampaikan selamat datang dan terimkasihnya terhadap kedatangan Tohto Junko Baseball Unversity dan pihak Kemenpora.

“Saya mohon maaf atas kendala yang terjadi saat pertandingan kemarin,” katanya.

Lebih lanjut menyampaikan, tim baseball yang datang dimohon arahan dan petunjuk untuk memajukan baseball di Indonesia. “Terimakasih juga atas kerjasama dengan kami,” tegasnya.

Sebelumnya, pihaknya mengadakan eksebisi yang diikuti sebanyak enam tim baseball dari Indonesia dan Jepang. Yakni, dua Tim dari Tohto Junko Baseball Unversity Jepang, Tim Garuda dari Jakarta, Tim Georgeus dari Bandung, Black Diomand, dan Redsox Bali.  Dimana pertandingan semi internasional tersebut, diadakan di lapangan Renon-Denpasar. (alt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bupati Karangasem Minta Masyarakat Jangan Panik

Sen Nov 27 , 2017
PVMBG kembali menetapkan status Gunung Agung ke level IV (Awas) mulai pukul 06.00 wita, Senin (27/11). Penetapan level awas tersebut di sikapi bupati Karangasem , IGA Mas Sumatri yang meminta masyarakat Karangasem agar tidak panik. Selain itu, bupati juga meminta masyarakat memberikan informasi yang benar terkait kondisi Gunung Agung. 
BPD BALI