Guru di Sekolah Inernasional Ini, Lulusan Perdana Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia UPMI Bali

Mengajar bahasa Indonesia di sekolah internasional memiliki tantangan yang tidak mudah. Sehingga diperlukan berbagai inovasi, salah satunya dengan komik.

(Last Updated On: )

Dewa Ayu Karina Dwi Payanti, SS., M. Pd.

DENPASAR-fajarbali.com | Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) Bali, akhirnya melahirkan lulusan perdana, atas nama, Dewa Ayu Karina Dwi Payanti, SS., M.Pd.

Ayu Karina, dinyatakan lulus ujian tesis pada Jumat (23/2/2024) dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Kritik Sosial dan Pemahaman Implikatur Percakapan dalam Komik Tahu Gak Tahu! terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Taman Rama Intercultural School Tahun Pelajaran 2023/2024”.

Ayu Karina diuji oleh, Prof. Dr. Drs. Nengah Arnawa, M.Hum., sekaligus Pembimbing I, Dr. Ida Ayu Agung Ekasriadi, S.Pd., M.Hum., pembimbing II, Dr. Ketut Yarsama, M.Hum., Dr. Dra. Ida Ayu Iran Adhiti, M.Si., serta Dr. Dra. Dewa Ayu Widiasri, M.Pd.

Dikonfirmasi usai ujian tesis, Ayu Karina mengaku plong dan rasa percaya dirinya melonjak usai “dikeroyok” oleh profesor dan doktor-doktor hebat UPMI Bali. Rasa grogi sebelum masuk ruang ujian berhasil ia redam dengan penguasaan materi penelitian tesis.

Ayu Karina, perempuan kelahiran Gianyar, 2 Oktober, 1997 ini, tercatat sebagai guru di Taman Rama Intercultural School sejak Agustus 2019. Penelitian tesisnya itu, dilatarbelakangi tantangan di tempatnya mengajar.

Sebagai sekolah internasional, tentu peserta didiknya didominasi orang asing. Meskipun ada anak-anak lokal, namun mereka lebih cakap berbahasa Inggris karena 90 persen pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris.

“Saya sebagai guru bahasa Indonesia di sana merasa terkendala mengajar bahasa Indonesia, karena sekolah internasional,” kata guru muda yang menempuh Sarjana Sastra Indonesia di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana tersebut.

Untuk itu, ia mencari metode yang tepat agar peserta didiknya lebih mudah mencerna pelajaran bahasa Indonesia melalui media komik. “Permasalahan inilah yang menginspirasi tesis saya,” kata dia.

Lebih lanjut, kata Ayu Karina, metode komik cukup efektif untuk menarik minat peserta didiknya. Ketertarikan itu jelas mempermudah penyampaian materi pembelajaran bagi pendidik.

Taman Rama Intercultural School, menggunakan dua kurikulum, yakni Kurikulum Merdeka dan Cambridge. Bahasa Indonesia, Agama dan PPKN menjadi mata pelajaran wajib, tentunya dengan menggunakan bahasa nasional. Sedangkan mata pelajaran lainnya, menggunakan bahasa Inggris.

Dewa Ayu Karina Dwi Payanti, SS., M. Pd. (tengah) bersama dosen-dosen penguji, usai menjalani ujian tesis.

Menjadi seorang guru, menurut Ayu Karina, adalah sebuah pilihan hidup. Ia pun berkomitmen mengabdi setulus hati. Bahkan setelah mengantongi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, ia berencana menempuh pendidikan Program Profesi Guru (PPG) agar lebih profesional lagi.

Alasannya memilih UPMI Bali, karena kampus yang dulunya bernama IKIP PGRI Bali itu sudah akrab di telinganya. Dan, kebetulan juga UPMI Bali mengelola prodi yang ia inginkan. “Dulu saya sudah sering bertemu mahasiswa IKIP PGRI Bali praktik mengajar di sekolah-sekolah. Sehingga saya memilih kuliah lanjutan di sana,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor UPMI Bali Prof. Dr. Drs. I Made Suarta, SH., M.Hum., mengucapkan selamat kepada mahasiswa pertama dan lulusan pertama Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UPMI tersebut. Rektor menyarankan agar Ayu Karina tancap gas melanjutkan PPG di UPMI.

Rektor mengaku bangga karena alumninya selama menjalani proses pendidikan mampu menemukan solusi terhadap tantangan di lingkungan masing-masing.

“Ayu Karina ini kan menemukan solusi dan formula bagaimana mengatasi tantangan mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah internasional berkelas. Bukan kaleng-kaleng,” ujar rektor.

Rektor menjelaskan, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 405/E/0/2021 padatanggal 22 September 2021.

Program ini diselenggarakan dalam rangka mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan nilai-nilai kependidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister juga sudah terakreditasi BAIK dengan keputusan BAN-PT Nomor: 1122/SK/BAN-PT/PB-PS/M/II/2022. (gde)

 

Next Post

FKIK Unwar Terlibat dalam Pengembangan Travel Medicine Clinic dan Penyuluhan KODERSI di RSU Bali Jimbaran

Ming Feb 25 , 2024
(Last Updated On: ) PKM FKIK Unwar dalam pengembangan Travel Medicine Clinic dan Penyuluhan KODERSI di RSU Bali Jimbaran, kolaborasi FKIK Unwar dengan kelompok pekerja di RS tersebut. MANGUPURA- fajarbali.com | Rumah Sakit Umum (RSU) Bali Jimbaran mulai beroperasi lebih dari 8 tahun yang lalu. Letaknya di daerah pariwisata Jimbaran […]
a1f1101b-a733-46f9-951c-e8e5dec6e187

Berita Lainnya