Forkopimda Gianyar Musnahkan BB Hasish Senilai 3,5 Miliar

GIANYAR-fajarbali.com |Jajaran Satres Narkoba Polres Gianyar berhasil menggagalkan peredaran hasish senilai Rp 3,5 miliar dengan berat 1,6 kg lebih. Hasish ini diduga dikirim dari Amerika melalui jalur khusus dan langsung turun Bandara Ngurah Rai, Bali. Kemasan hasish dalam kemasan makanan, sehingga tidak mencurigakan. 

Di hadapan awak media, Kapolres Gianyar, AKBP Bayu Sutha Sartana, Senin (8/8/2022) bersama Forkominda Gianyar memusnahkan barang bukti narkotika dan hasish dengan blender dicampur cairan pembersih lantai. Hasish tersebut dalam bentuk permen karet, coklat, lempengan gula dan serbuk menyerupai bubuk cabai. Kasat Narkoba Polres Gianyar, AKP Gusti Ngurah Jaya Winangun menjelaskan pengejaran paket hasish tersebut penuh perjuangan. Dimana sebelumnya, dari sebuah bar di wilayah Ubud ada wisatanya yang fly dan mengakui dimana mendapat barang ilegal tersebut. “Berbekal dari informasi wisatawan fly tersebut kami telusuri bagaimana barang tersebut sampai ke Bali,” jelas Jaya Winangun. 
 
Dibeber lagi, dari penelut yang dilakukan paket dari Amerika inj sudah dikirim sebanyak 3 kali, dan yang ketiga berhasil mengamankan barang tersebut. “Kami berkoordinasi dengan pihak imigrasi dan melacak adanya kiriman barang dari Amerika,” jelasnya. Ketika mengamankan barang tersebut, ternyat alamat pengirim dan alamat dituju fiktif. “No HP yang digunakan juga tidak bisa dilacak. Bahkan saat kami geledah barang, kami yang terlacak. Akhirnya barang tersebut kami amankan,” jelas Winangun lagi. 
 

Dikatakan, paket hasish tersebut merupakan barang dengan kualitas terbaik dan pengedar akan mencampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi lebih banyak. Dari 1,6 kg hasish tersebut bisa dipecah menjadi 3.000 kemasan mini. Sebelumnya, Kapolres Gianyar,  AKBP Bayu Sutha Sartana menjelaskan selama Bulan Juni-Agustus Satres Narkoba berhasil mengamankan 7 pelaku pengedar Narkotika. Dari 7 yang berhasil ditangkap, 5 diantaranya adalah residivis. Paket sabu yang berhasil diamankan seberat 18,1 gram.sar

Next Post

Tingkatkan Konservasi Pesisir dan Modal Finansial Lewat Ekosistem Blue Carbon

Sen Agu 8 , 2022
MANGUPURA-fajarbali.com | Indonesia saat ini sedang berupaya melakukan pengurangan emisi karbon dan ketahanan iklim. Hal ini berkaitan dengan upaya Indonesia untuk mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu tindakan prioritas untuk mencapai ketahanan iklim adalah program adaptasi-mitigasi dan strategi penanggulangan bencana yang komprehensif dalam menghadapi perubahan iklim.   Dalam upaya […]
seminar Blue Carbon Enabling Conservation and Financial Capital-b49eacfe