Fishum UNR Gelar Pengabmas di Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja

Seluruh komponen ibu-ibu hadir, terutama dari keluarga pra sejahtera, lansia, disabilitas, dan pimpinan/anggota Sekolah Perempuan Srikandi.

(Last Updated On: )

CEK KESEHATAN-Pengabmas Fishum UNR di Dusun Wanasari dirangkai pemeriksaan kesehatan gratis.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah (Fishum UNR), Perbekel Desa Dauh Puri Kaja dan LSM Bali Sruti diimplementasikan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengabmas) di Dusun Wanasari, Minggu (28/5/2023).

Akademisi Fishum UNR Dr. I Made Artayasa, S.Sos., MAP, dan Ni Luh Putu Suastini, SE., M.Si., bertindak selaku narasumber dengan materi terkait pentingnya tertib administrasi kependudukan.

Pada kegiatan berlangsung di Gedung MI Al-Mitfah itu, seluruh komponen ibu-ibu hadir, terutama dari keluarga pra sejahtera, lansia, disabilitas, dan pimpinan/anggota Sekolah Perempuan Srikandi.

Artayasa, dalam paparan sosialisasi mengatakan, setiap penduduk wajib memiliki dokumen kependudukan, seperti KTP, KK, akte lahir, perkawinan, dan sebagainya.

Pasalnya, kata Artayasa, dokumen kependudukan itu berhubungan dengan hak-hak sebagai warga negara, serta sangat menentukan arah kebijakan pemerintah.

“Kalau sudah tertib administrasi, nanti pemerintah mudah menentukan arah kebijakan sesuai kondisi masyarakat. Makanya saya katakan sosialisasi ini sangat penting,” jelas Artayasa.

Khususnya lagi, lanjut Artayasa, di tahun politik ini, setiap penduduk wajib punya identitas agar terdaftar sebagai pemilih tetap.

“Jangan sampai suara bapak/ibu kehilangan hak pilih dalam pemilu. Sangat disayangkan kalau itu terjadi,” ujarnya.

Dua narasumber dari Fishum UNR.

Kepala Dusun Wanasari, Badrus Samsi menambahkan, wilayahnya tergolong padat penduduk, terdiri dari 9 RT, 2287 KK dan 10. 267 jiwa. Namun wilayahnya relatif kecil.

Di dusun yang dikenal dengan sebutan Kampung Jawa ini karakteristik penduduk juga sangat heterogen. Di lihat dari segi kepercayaan, memang didominasi pemeluk Islam. Dari sisi suku, hampir merepresentasikan seluruh daerah di Tanah Air.

“Selama saya menjabat kepala dusun, administrasi kependudukan sangat tertib. Orang yang kost atau ngontrak pun, kami urus data identitas sementara secara cepat,” kata Badrus.

Ia berharap, kerja sama dengan Fishum dan Bali Sruti yang telah melahirkan Sekolah Perempuan Srikandi memberikan dampak nyata, terutama meningkatkan kualitas hidup warga pra sejahtera di Dusun Wanasari.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua LSM Bali Sruti Dr. Luh Riniti Rahayu, Dekan Fishum UNR Dr. I Wayan Astawa, serta sejumlah mahasiswa. Kegiatan ditutup dengan pelayanan kesehatan gratis bagi warga setempat. (Gde)

Next Post

Sharp Perkenalkan Purefit Plasmacluster Air Purifier untuk Kualitas Hidup Lebih Sehat

Sen Mei 29 , 2023
(Last Updated On: ) Jajaran top management home appliances business unit Dari kiri ke kakan :   Hiromasa Okajima, Deputy General Manager, Plasmacluster (PCI) Healthcare Business Unit,   Yasufumi Sugahara, Executive Officer BU President, Smart Appliances and Solution BU, Tomoki Tamura, Vice President Global Business and General Manager Head of Global Kitchen […]

Berita Lainnya