Ditjen Imigrasi Berikan Bebas Visa Bagi Delegasi G20 dan Jurnalis Asing

Imigrasi Sudah On The Right Track

 Save as PDF
(Last Updated On: 21/10/2022)

DENPASAR -fajarbali.com |Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membuat terobosan untuk mensukseskan gelaran KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November di Bali. Dimana Ditjen Imigrasi akan mengeluarkan kebijakan bebas visa bagi delegasi G20 dan jurnalis asing yang meliput acara KTT G20.
 
Plt. Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana menyampaikan bahwa kebijakan itu sudah ditandatangani dan surat tersebut telah dikirim ke Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta dan Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Bali.
 
“Agar seluruh jajaran Imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai memberikan pelayanan dan pemeriksaan keimigrasian yang mudah, cepat, nyaman, proper, dan akuntabel kepada seluruh Delegasi G20 dan jurnalis asing,” terang Widodo.
 
Untuk mendapatkan fasilitas bebas visa kunjungan, orang asing partisipan G20 wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut. Pertama, paspor kebangsaan, meliputi paspor diplomatik, paspor dinas, paspor biasa/umum yang sah dan masih berlaku paling singkat 6 bulan. 
 
Kedua, tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan ke negara lain. Ketiga, bukti pendaftaran/registrasi atau invitation letter delegasi atau jurnalis asing Presidensi G20 Indonesia 2022. 
 
Keempat, tiba di wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta (Jakarta) atau TPI Ngurah Rai Bali pada 1-18 November 2022.
 
‘Kebijakan tersebut merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Direktorat Jenderal Imigrasi dalam menyukseskan pehelatan presidensi G20 Indonesia 2022”, pungkas Widodo.
 
Sementara Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Sugito menyambut baik dan siap melaksanakan kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi tersebut. Ia menyampaikan bahwa jajaran Imigrasi Ngurah Rai berkomitmen penuh memberikan kinerja terbaik dan siap menyukseskan penyelenggaraan KTT G20 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
 
Bagian lain, Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menyampaikan bahwa kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan bagi delegasi dan jurnalis asing yang akan melakukan tugas di event G-20 adalah untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Presidensi G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November di Bali. 
 
“Persiapan kami sudah matang untuk menyambut kedatangan delegasi baik perangkat pemeriksaan imigrasi maupun petugas, sejauh ini sudah on the right track,” terang Anggiat Napitupulu. R-005 
 Save as PDF

Next Post

11 Mahasiswa Ikuti Latdas XXXII MPA Bhuana Giri Unmas Denpasar, Lahirkan Kembali Para Pencinta Alam

Sab Okt 22 , 2022
Adapun kegiatan latdas diisi dengan materi dasar pencinta alam, navigasi darat, ascending dan descending, tali temali, membuat bivak, survival, dan SAR (Search and Rescue).
MPA Unmas-70559a4f

Berita Lainnya