Di Klungkung, Hanya 8 SMP Yang Terapkan UNBK

30 Views

SEMARAPURA-fajarbali.com | Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMP di Kabupaten Klungkung berjalan lancar. Ujian hari pertama, Rabu (11/4/2018) mengujikan mata pelajaran Bahasa Bali dan Pendidikan Budi Pekerti.

Pjs Bupati Klungkung, I Wayan Sugiada pun sempat melakukan pemantauan di SMPN 1 Semarapura dan SMPN 2 Banjarangkan. Pjs Bupati Klungkung, I Wayan Sugiada usai melakukan pemantauan menyampaikan, seluruh siswa sudah dapat mengikuti ujian dan memahami soal yang diberikan oleh pengawas. Meski ujian baru ditingkat internal, dirinya berharap pelaksanaan ujian ini menjadi penyemangat siswa untuk menghadapi ujian tingkat nasional.

“Harapan kita melalui ujian ini anak-anak lebih siap dalam menghadapi ujian nasional dengan perolehan hasil yang terbaik,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, Dewa Gde Darmawan menyebutkan ujian tingkat SMP di Kabupaten Klungkung diikuti sebanyak 3.241 siswa. Untuk ujian ini akan dilaksanakan dengan dua pola. Pertama ujian sekolah atau yang tahun ini dinyatakan sebagai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk USBN, setiap mata pelajaran yang diujikan mengandung 25 persen soal dari pusat, kecuali muatan lokal. “Untuk USBN ini setiap mata pelajaran mengandung 25 persen soal dari pusat, kecuali muatan lokal,” sebutnya.

Lebih lanjut, Dewa Darmawan menyebutkan, untuk ujian nasional, delapan sekolah tahun ini akan melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta sebanyak 2.010 siswa. Sedangkan siswa dari kelompok sekolah lainnya akan melaksanakan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Saya berharap sekolah lain bisa termotivasi sehingga tahun depan semua sekolah bisa berorientasi melaksanakan UNBK,” ujarnya.

USBN tingkat SMP akan dilaksanakan selama enam hari, 11-18 April 2018, dengan mata pelajaran yang diujikan seperti Bahasa Bali, Pendidikan Budi Pekerti, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni BUdaya, Bahasa Indonesia dan Prakarya/TIK. Mata pelajaran lainnya yakni Matematika, Pendidikan Agama, Ilmu Pengetahuan Alam, PPkn, Bahasa Inggris dan PJOK. (dia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wakil Bupati Karangasem Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Cumlaude

Rab Apr 11 , 2018
30 ViewsAMLAPURA-fajarbali.com | Setelah menunggu akhirnya Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa resmi bergelar doctor setelah dilakukan sidang terbuka dengan desertasi “Kontroversi Nganen Pade Gelahang di dalam masyarakat Hindu di Kabupaten Karangasem, Rabu (11/4/2018) di kampus UNHI Denpasar.