Bupati Giri Prasta Hadiri Atma Wedana di Pasraman Widya Grha Kepasekan MGPSSR Pusat, Didaulat Menjadi Sangging Kehormatan

MANGUPURA-fajarbali.com | Sebagai wujud komitmen dalam melestarikan adat istiadat dan budaya Bali, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali menghadiri upacara Atma Wedana dan Mepandes bersama di Pasraman Widya Grha Kepasekan MGPSSR Pusat, Jalan Cekomaria Denpasar, Kamis (17/6/2021).


Dalam upacara yang  turut dihadiri oleh Walikota Denpasar IGN Jaya Negara tersebut, Bupati Giri Prasta menyerahkan punia pribadi sebesar Rp 30 juta dan didaulat menjadi sangging kehormatan ikut mengasah gigi salah satu peserta mepandes.

Dalam sembrama wecananya, Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi dan dukungan terhadap upacara Atma Wedana dan Mepandes bersama di Pasraman Widyagraha Kepasekan MGPSSR Pusat. Walaupun ditengah pandemi semeton Pasek tetap guyub melaksanakan upacara mepandes sebagai bentuk dharmaning agama dan swadharmaning orang tua kepada anak.

“Upacara mepandes merupakan wujud kewajiban orang tua kepada anak yang sudah menginjak remaja/dewasa untuk menghilangkan sifat buruk dan mendapatkan sifat kedewaan dan kesucian dengan ayat ring hyang samara ratih,” ujarnya.

Baca Juga :
Dikeluhkan, Proyek Trotoar ‘Seumur Jagung’ Di Perbatasan Apuan-Serokadan Ambles
Dampingi Perbekel Bangun Desa, Pengurus PPDI Bangli Dikukuhkan

Lebih lanjut Giri Prasta mengharapkan kepada semeton pasek yang mengikuti jalannya upacara Atma Wedana dan Mepandes bersama agar selalu taat dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga pelaksanaan upacara tersebut bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak.

“Semeton sami harus selalu menjaga kesehatan dengan taat menerapkan prokes, saya selaku orang tua turut berdoa agar Upacara Mepandes yang diikuti oleh anak-anak, saya harap ini presida memargi antar, labda karya, sida-sidaning don,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu perwakilan Manggala Karya Upacara Atma Wedana dan Mepandes bersama di Pasraman Widya Grha Kepasekan MGPSSR Pusat, menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan segala bentuk dukungan Bupati Giri Prasta dalam menyukseskan pelaksanaan upacara yang melibatkan 100 sawa dan 267 orang Mepandes tersebut. (put)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Badung Siap Jadi Tuan Rumah Apkasi

Sen Jun 21 , 2021
MANGUPURA-fajarbali.com | Kabupaten Badung siap menjadi tuan rumah Pengukuhan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) masa bakti 2021-2026 dan Rapat Kerja Nasional Tahun 2021.  Save as PDF

Berita Lainnya