Bertemu Wapres, Bupati Mas Sumatri Minta Penyelamatan Perekonomian

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri tidak henti-hentinya memperjuangkan kondisi masyarakat Karangasem yang sedang dilanda bencana erupsi Gunung Agung. Seperti pada Jumat (15/12/2017) lalu, bupati IGA Mas Sumatri meminta pemerintah pusat agar turun dalam penyelamatan perekonomian di Bali maupun Karangasem pada khususnya. Harapan itu disampaikan bupati saat bertatap muka dengan wakil presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla.

AMLAPURA-fajarbali.com | Bupati Karangasem yang didampingi Sekda Gede Adnya Mulyadi ini juga menyampaikan kondisi terkini masyarakat Karangasem maupun kondisi Gunung Agung. Selain itu, bupati juga menyampaikan kendala utama dalam penanganan pengungsi, Logistik maupun lainya. Bupati juga meminta perhatian  wakil presiden untuk program mitigasi dan recovery. “Selain itu kami sampaikan keterpurukan ekonomi Bali baik yang di akibatkan oleh penurunan sektor pariwisata, maupun secara khusus dari sektor galian C di bagi PAD kabupaten Karangasem,” ujar bupati saat dikonfirmasi.

Program mitigasi dan recovery yang disampiakn tersebut kata bupati meliputi, langkah jangka pendek maupun jangka panjang. Program Jangka pendek kata IGA Mas Sumatri seperti membuat kebijakan pemulihan pariwisata bali dengan mendorong seluruh potensi kegiatan pemerintah, Swasta maupun masyarakat/wisatawan domestik untuk melaksakan aktivitas MICE, wisata kepulau Bali. Disamping itu, membangun opini masyarakat dunia tentang kondisi Bali yang sebenarnya, dimana pulau Bali masih sangat layak untuk dikunjungi. “Kita juga sampikan normalisasi sungai sebagai antisipasi terjadinya aliran lahar.

Sementara untuk program Jangka menengah, bupati meminta perhatian wakil presiden dalam pembangunan infrastruktur berupa jalan lanjutan IB mantra menuju kota Amlapura. Disamping itu, pembangunan jembatan, dan jalan jalan di wilayah kabupaten Karangasem yang berada di luar Kwasan Rawan Bencana. “Kami juga berharap kepada seluruh kementerian atuapun lembaga untuk memberikan prioritas program kepada kabupaten Karangasem, sesuai tupoksi masing-masing,” ujar bupati.

Bupati juga mengakui usulan yang disampaikan itu, disambut oleh wakil presiden, terutama dalam penanggulangan bencana erupsi gunung Agung. Bahkan, kata bupati dalam waktu dekat ini, Wapres akan mengagendakan kunjungan ke Bali. Termasuk sedang direncanakan untuk melaksanakan rapat kabinet di Bali dan  sekaligus melakukan kunjungan ke Karangasem. “Wapres ingin melihat langsung kondisi yang ada dan memberikan aspek psikologi yang positif dunia pariwisata di Bali,” ujarnya lagi. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

NasDem Ngotot Rai Mantra Cagub, Sudikerta Diharapkan Legowo

Ming Des 17 , 2017
Untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam realitas politik, diperlukan adanya kompromi. Dalam situasi menghadapi Pilgub Bali mendatang, tampaknya fenomena seperti itu terjadi dalam lingkaran koalisi sejumlah partai dalam menyiapkan jagonya pada Pilgub Bali mendatang.