BBM Naik, Ratusan Nelayan Buleleng Bakal Terima BLT

Kepala DKPP Buleleng Gede Putra Aryana

SINGARAJA – fajarbali.com I Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diberlakukan pemerintah pusat sejak beberapa minggu kemarin kini pemerintah bukan akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang kurang mampu melainkan dalam pemberian BLT tersebut juga akan diberikan proritas bagi para nelayan. Dalam pemberian BLT atas kenaikan BBM itu akan diberikan pada Bulan Oktober 2022 mendatang. Hal itu diberikan lantaran para nelayan berdampak langsung akibat kenaikan BBM yang diberlakukan pemerintah.

 

Pemerintah Kabupaten Buleleng (Pemkab) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng berencana untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para nelayan. Kepala DKPP Buleleng Gede Putra Aryana dikonfirmasi, Kamis (29/9) mengaku telah rampung mendata 975 orang nelayan sebagai sasaran penyaluran BLT berdasarkan proses verifikasi dan validasi yang mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

 

“975 orang nelayan itu merupakan hasil sisiran DTKS melalui koordinasi dengan Dinas Sosial. Itu sudah kami verifikasi dan validasi bilamana yang bersangkutan belum tersentuh program yang lain,”sebut Aryana.

Selain mengacu pada DTKS, Aryana juga memastikan masyarakat yang diberikan BLT belum tersentuh bantuan dan benar-benar berprofesi sebagai nelayan, dengan cara memastikan kepemilikan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka).

 

Terkait penyalurannya, para nelayan akan diarahkan untuk membuat rekening Bank BPD Bali. Aryana memastikan para nelayan tidak dipungut biaya saat pembuatan rekening. Rencananya, BLT akan dicairkan tiga kali mulai Oktober sampai dengan Desember 2022. Nominal bantuannya sebesar Rp. 150.000 setiap bulannya.”Mudah-mudahan tidak ada perubahan data selama verivali sampai minggu ini, sehingga para penerima bisa dibuatkan SK untuk dapat dicairkan bantuannya bulan Oktober ini,” harap mantan Camat Busungbiu ini.

 

Harapan Aryana, para nelayan dapat memanfaatkan BLT yang diperoleh untuk operasional pekerjaan mereka, utamanya pada saat harga BBM mengalami kenaikan. Diharapkan olehnya BLT tersebut dapat meningkatkan motivasi nelayan untuk melaut.”Kami harapkan kepada para nelayan yang nantinya mendapatkan bantuan BLT agar dapat memanfaatkan untuk keperluan melalut sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan pokok dari hasil melaut,”tutup Aryana. W – 008

 

Ida bagus Sudarsana

Next Post

Dibuka oleh Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa,40 Pelaku Usaha Ikuti Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

Jum Sep 30 , 2022
Wakil bupati buka Sosialisasi dan bimtek Implementasi pengawasan perijinan AMLAPURA-fajarbali.com I Wakil bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, membuka membuka secara resmi Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko, di Hotel Ramayana Candidasa, Kamis (29/9) kemarin. Sosialisasi dan bimtek yang diikuti oleh 40 orang pelaku usaha […]
Foto berita Karangasem-wabup Wayan Artha Dipa buka sosialisasi-444143d9