Bayar Denda Rp 10 Juta, Jerinx Bebas Sebulan Lebih Cepat

(Last Updated On: )

DENPASARFajarbali.com – Terpidana kasus ujaran kebencian, I Gede Aryastina atau yang lebih dikenal dengan nama Jerinx dapat dipastikan bakal bebas satu bulan lebih cepat dari yang harus dijalaninya.

Pasalnya, tim kuasa Jerinx yang dikomandani I Wayan Suardana alias Gendo, Rabu (2/7/2021) sekitar pukul 14.00 mendatangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar untuk membayar uang denda Rp 10 juta sebagaimana vonis majelis hakim terhadap Jerinx.

Penyerahan denda tersebut dilakukan di ruangan Pidana Umum Kejari Denpasar. Denda sebesar Rp. 10 juta tersebut diterima oleh Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Denpasar beserta jajarannya. Setelah menyerahkan denda, Gendo menunjukkan bukti tanda terima denda yang diberikan dari pihak Kejari Denpasar.

Menariknya, uang denda yang dibayarkan itu tidak dalam pecahan yang sama alias beraneka ragam. Mulai dari uang logam dan uang kertas, yang terdiri dari berbagai macam pecahan, dari Rp. 100. Rp. 500, Rp. 1.000 hingga nilai tertinggi Rp. 100.000.

Gendo menjelaskan bahwa pembayaran denda Jerix tersebut dilakukan atas putusan majelis hakim yang sudah berkekuatan hukum tetap, yakni pidana penjara 10 bulan dan pidana denda sebesar Rp10 Juta subsider 1 bulan kurungan. “Dengan dibayarnya denda tersebut, Jerinx tidak perlu lagi menjalani pidana 1 bulan kurungan. “ jelas Gendo.

Gendo juga menjelaskan, uang denda yang dibayarkan itu tidak semuanya berasal dari Jerinx atau keluarganya, melainkan ada dari para simpatisan Jerinx yang nilainya sebesar Rp. 5.192.000. 

“Pembayaran denda ini atas inisiatif dari simpatisan Jerinx  dan masyarakat yang menginginkan denda tersebut dibayarkan dan rindu dengan Jerinx. Sebagian dana tersebut didapat simpatisan Jerinx mulai dari melakukan acara mengamen, konser mini hingga menjual merchandise. “ungkap Gendo.

Ditempat yang sama, Kasi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Bali A. Luga Herlianto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa terpidana Jerinx melalui tim kuasa hukumnya telah membayar uang denda Rp 10 juta. 

“Dengan sudah dibayarkan uang denda tersebut maka, hukuman 1 bulan kurungan yang merupakan subsider dari denda itu tidak perlu dijalani lagi, ” terang pejabat yang akrab disapa Luga ini. Ditambahkannya lagi, uang denda itu nantinya agar disetor ke rekening negara.(eli) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pastikan Status Tanah, Dewan Karangasem Tunggu Hasil Rapat Kerja

Rab Jun 2 , 2021
(Last Updated On: )AMLAPURA-fajarbali.com | Untuk memastikan status tanah lahan pemancar di bukit Sega, desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, dewan Karangasem bakal mengundang BPKAD, BPN Karangasem dan TVRI sebagai pengguna lahan untuk melakukan rapat kerja. Hal itu dilakukan lantaran adanya keinginan desa Adat Gulinten yang menginginkan kontribusi ke desa adat. 

Berita Lainnya