Astra Motor Bali Gelar Kontes Siswa dan Guru SMK TBSM Astra Honda 2023

(Last Updated On: )

Program sinergi bagi negeri, kembangkan kreativitas pembelajaran guru dan menguji keahlian siswa. (Foto : ist)

 

DENPASAR-fajarbali.com | Salah satu bentuk komitmen dalam mendukung proses belajar mengajar dan salah satu upaya untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan untuk mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja, Astra Motor Bali kembali menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran secara offline.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari 27-28 Pebruari 2023, diikuti oleh 9 peserta yang berasal dari guru SMK yang merupakan guru produktif dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Bali yang telah  mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang sudah mengikuti Pelatihan Guru minimal Modul Dasar. Selain kontes untuk guru juga dilaksanakan kontes untuk siswa yang saat ini sedang mengikuti pelajaran kelas XI prodi TBSM.

Dengan semangat kompetisi, 9 SMK mitra binaan AHM Jurusan TBSM Astra Honda yang mengikuti kegiatan ini adalah SMK Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 1 Manggis, SMK Negeri 1 Klungkung, SMK Rekayasa Denpasar, SMK Negeri 1 Denpasar, SMK PGRI 2 Badung, SMK Negeri 2 Negara, SMK Negeri 1 Gerokgak dan SMK Negeri 3 Singaraja. Para guru dan siswa ini berlomba menyajikan materi pembelajaran dan praktek teknikal yang menarik secara offline.

Pengujian kontes untuk kategori guru yakni bagaimana cara presentasi penyampaian materi dan pengetahuan teknik sepeda motor dengan membawakan materi 3 wajib dari 5 aspek pembelajaran (aspek engine, chassis, general, electrical, PGM-FI). Sedangkan untuk kontes siswa pengujian dilakukan secara praktik dan tertulis dengan materi praktek meja dan troubleshooting untuk perbaikan sepeda motor. Penilaian secara langsung yang dilakukan oleh para juri dari internal  dalam mengajar dan juri dari bidang teknis sepeda motor Honda.

Technical Service Manager Astra Motor Bali, Achmad Wahyudi Irmono mengatakan kegiatan ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan dengan dukungan dari PT AHM dalam programnya yang bertajuk “Festival Vokasi Satu Hati” yang pada tahun ini dilakukan secara offline. Festival Vokasi Satu Hati merupakan kesempatan bagi kami untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pengembangan keterampilan siswa dan tenaga pengajar di bidang vokasi. Kegiatan ini juga akan memberikan apresiasi kepada mereka yang berprestasi dan terbaik dalam Kontes Keterampilan Astra Honda untuk Sekolah Vokasi yang akan mengedepankan sisi pengetahuan teknis sepeda motor Honda.

”Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus berkomitmen untuk mengembangkan semua kompetensi yang dimiliki sekolah sehingga dapat menghasilkan generasi unggul di bidang vokasi dengan terus berupaya mendorong hadirnya pendidikan berkualitas dengan tenaga ajar yang kompeten dengan dukungan sarana fasilitas sekolah yang baik. Program monitoring dan kalibrasi juga kita lakukan secara rutin agar dapat menjaga kualitas ajar di sekolah SMK mitra binaan AHM,” Ujar Achmad Wahyudi.

Ajang kreativitas bagi guru dan kompetensi skill siswa ini, terlebih dahulu dilaksanakan seleksi tingkat regional yang selanjutnya akan terpilih satu terbaik masuk dalam tahap seleksi tingkat nasional.

Berikut pemenang kontes siswa dan guru 2023 SMK TBSM Astra Honda :

Kategori Siswa:

  • Juara 1 = I Putu Wisnu Danadipa (SMK Negeri 1 Amlapura)
  • Juara 2 = I Putu Swarista Adi Winanda (SMK Negeri 1 Manggis)
  • Juara 3 = I Putu Sutrisna (SMK Negeri 1 Denpasar)

Katogeri Guru:

  • Juara 1 = Putu Riandika, S.Pd. (SMK Negeri 1 Gerokgak)
  • Juara 2 = I Nengah Agus Aryawan, S.T. (SMK Negeri 1 Amlapura)
  • Juara 3 = I Kadek Dwipayana, S.Pd. (SMK Rekayasa Denpasar)

Puncak Acara Festival Vokasi Satu Hati 2023 akan diselenggarakan di AHM pada awal Juni 2023. Dalam kegiatan ini, dihadirkan juga Webinar Pendidikan untuk para Guru dan Siswa untuk memperkuat pemahaman dan kompetensi di bidang vokasi. Apresiasi akan diberikan kepada para peserta terbaik akan mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah dan beasiswa pendidikan untuk siswa terbaik.

Hasil National Assesment for SMK 2022 akan menjadi bagian dari rangkaian pengumuman pada malam puncak acara Festival Vokasi Satu Hati 2023. Hingga akhir tahun 2022, AHM telah memiliki 711 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di 310 kota atau kabupaten di 36 provinsi di Seluruh Indonesia. (rl)

Next Post

Arunika Hotel & Spa Tawarkan Paket Menarik Nyepi" 3 Days 2 Night "

Rab Mar 8 , 2023
(Last Updated On: ) Arunika Hotel & Spa menawarkan paket Nyepi dan program kegiatan in-house Nyepi yang menarik.  DENPASAR – fajarbali.com | Hari Raya Nyepi adalah salah satu upacara Agama Hindu di Bali untuk merayakan Tahun Baru Caka. Upacara ini dilaksanakan  secara sunyi yang disebut Nyepi yang dilakukan oleh masyarakat […]
Nyepi

Berita Lainnya