https://www.traditionrolex.com/27 DPC Peradi Denpasar Gelar PKPA, Prof. Otto Hasibuan Hadir Sebagai Narasumber Utama - FAJAR BALI
 

DPC Peradi Denpasar Gelar PKPA, Prof. Otto Hasibuan Hadir Sebagai Narasumber Utama

(Last Updated On: 10/10/2020)

DENPASARFajarbali.com | DPC Peradi Denpasar bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Udayana menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diikuti 70 calon advokat.

Acara yang berlangsung, Jumat (9/10/2020) dari sore hingga malam hari ini menghadirkan narasumber utama Prof.Dr. Otto Hasibuan, SH. MM., dengan membawakan materi tentang sejarah dan peran organisasi Peradi.

Tampilnya Otto Hasibuan yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Peradi dalam Munas III, Rabu (7/10/2020) lalu menjadi sangat menarik dan membuat tinggi antusiasme peserta PKPA karena banyak dialog cerdas yang terjadi antara Otto dengan para peserta PKPA.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana, Dr. Putu Gede Arya Sumertha Yasa, SH.,M.Hum, dalam sambutannya dan sekaligus membuka PKPA ini menyatakan bahwa dunia hukum saat ini membutuhkan para penegak hukum yang profesional termasuk di dalamnya advokat.

“Dan kampus mempunyai tanggungjawab untuk membentuk itu seperti program kerjasama PKPA antara Fakultas Hukum UNUD dengan DPC PERADI Denpasar. Saya juga sudah sangat familiar dengan para advokat dan pengadilan karena sejak dahulu saya sering sebagai saksi ahli,” ucapnya.

Ketua DPC Peradi Denpasar Budi Adnyana mengatakan, secara nasional Peradi beranggotakan 60 ribu advokat dan khusus di DPC Peradi Denpasar anggotanya yang terdaftar sudah mencapai seribuan advokat dan tersebar di seluruh Bali. 

“Peradi adalah sebuah organisasi profesi yang sangat besar, sehingga menjadi wajar pola dan sistem rekruitmen advokat baru kita dilaksanakan secara profesional dan sistematis,” ucapnya.

Budi Adnyana mencontohkan bagaimana pelaksanaan Ujian Profesi Advokat yg dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yang hampir mirip dengan pelaksanaan SBMPTN dan rata-rata diikuti oleh sekitar 4000-5000 an peserta dalam setiap pelaksanaannya.

Sementara Ketua Panitia PKPA Kadek Ratna Jayanti menyampaikan bahwa PKPA yang dilaksanakan secara virtual ini adalah PKPA angkatan I di FH Unud.

Dijelaskan oleh Ratna, PKPA adalah proses awal yang harus diikuti oleh seorang calon advokat.

Karena hanya dengan mengikuti PKPA maka seorang calon advokat bisa mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA), baru setelah itu  melaksanakan magang serta akhirnya diangkat dan disumpah oleh Pengadilan Tinggi sebagai advokat.

“Saya sangat surprise karena pendaftaran hanya dalam waktu dua mingguan saja kita panitia telah mendapatkan 70 peserta, padahal saat ini DPC Peradi Denpasar di bawah pimpinan Budi Adnyana (Ketua) – Fredrik Billy (Sekretaris) juga sedang melaksanakan juga program PKPA secara virtual di FH Undiknas,” tutur Kadek Ratna Jayanti yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC Peradi Denpasar.

Sekretaris Peradi Denpasar Fredrik Billy yang juga ikut memberikan materi sebagai pengajar Hukum Acara Pengadilan Niaga dalam PKPA menyatakan bahwa di Peradi Grand Soho, seorang calon advokat harus mengikuti program secara linier di DPC Peradi Denpasar baik itu PKPA, UPA, Magang, Pengangkatan dan Penyumpahannya.

“Jika salah satu saja dari kelima program yang menjadi persyaratan untuk menjadi advokat itu tidak dilaksanakan di Peradi kami, maka dapat dipastikan calon advokat itu tidak akan dapat untuk mengikuti pengangkatan dan penyumpahan. 

Hal ini perlu kami sampaikan karena selama ini banyak terjadi miskomunikasi yang disebabkan oleh begitu banyaknya ada organisasi advokat khususnya di Bali,” tandas Fredrik Billy.(eli)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mulai Sterilisasi hingga Jaga Jarak, Tim GiriAsa Terapkan Prokes Secara Ketat

Ming Okt 11 , 2020
Dibaca: 14 (Last Updated On: 10/10/2020)MANGUPURA-fajarbali.com | Pasangan Calon (Paslon) I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa (Giriasa) mengadakan pertemuan dengan pekaseh subak se-Kecamatan Abiansemal, di Bale Subak Blahkiuh, Desa Blahkiuh, Abiansemal, Minggu (11/10). Menariknya, dalam setiap kampanye terbatas, satu unit mobil jenis van selalu hadir.   Save as PDF

Berita Lainnya