https://www.traditionrolex.com/27 Pengidap HIV di Gianyar Terus Bertambah - FAJAR BALI
 

Pengidap HIV di Gianyar Terus Bertambah

Untuk Pengobatan ARV bagi ODHIV (Orang Dengan HIV) sampai Bulan Oktober 2022 di Kabupaten Gianyar sejumlah 1.048 orang ODHIV yang rutin melakukan pengobatan HIV. “Karena di seluruh sarana pelayanan kesehatan telah ada pelayanan HIV, diharapkan kesadaran masyarakat untuk tes HIV di tempat pelayanan kesehatan terdekat, yang bila positif HIV, bisa memperoleh pengobatan ARV secara dini,” ajaknya.

 Save as PDF
(Last Updated On: 06/12/2022)
GIANYAR-fajarbali.com | Jumlah pengidap AIDS di Kabupaten Gianyar terus ditemukan. Kondisi ini membuat Dinas Kesehatan Gianyar terus berupaya mencegah dan deteksi dini HIV dengan pendekatan pelayanan kesehatan. Hal ini dijelaskan Plt Kadiskes Gianyar, Ni Nyoman Ariyuni, Selasa (6/12/2022). 
 
Berdasarkan data HIV-AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar tercatat Tahun 2020 sebanyak 8.378 orang tes HIV dan ditemukan kasus baru HIV 124 kasus dimana 16 orang difase AIDS. Di Tahun 2021 sejumlah 8.141 orang test HIV dan positif HIV 172 orang dan 24 orang fase AIDS. “Untuk Januari sampai dengan Oktober 2022 sejumlah 6.772 orang test HIV diketahui 127 kasus HIV baru dengan 32 masuk fase AIDS. Dikatakan Ariyuni, upaya Pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS dilakukan mulai dari Hulu sampai ke Hilir sebagai upaya mengungkap fenomena gunung es, sehingga promotif, preventif, Kuratif dan Rehabilitatif dapat dilaksanakan di sarana pelayanan kesehatan. 
 
Upaya di hulu yang dapat dilakukan adalah upaya promosi kesehatan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS, dengan menyasar masyarakat termasuk anak sekolah. Sebagai upaya pemberdayaan, sekolah tingkat SMP dan SMA dibentuk Kelompok Siswa Peduli AIDS & Narkoba (KSPAN) yang dapat membentengi generasi muda dari bahaya HIV-AIDS dan Narkoba. Upaya pencegahan dilaksanakan dengan memperhatikan jalur-jalur transmisinya seperti transmisi seksual, transmisi melalui alat suntik pada pengguna napza, dan transmisi melalui penularan dari ibu  kepada anaknya.  
 
Upaya lain yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan HIV-AIDS di sarana layanan kesehatan seluruh Gianyar, dimana saat ini 13  UPTD Puskesmas, RSUD Sanjiwani, RSU Payangan, termasuk tiga (tiga) rumah sakit swasta yaitu RSU Ganesha, RSU Ari Santi  dan RSU Famili Usada serta Yayasan Bumi Sehat telah memiliki layanan test HIV secara sukarela dan rahasia, skrining pada ibu hamil sebagai upaya pencegahan penularan HIV dari Ibu ke bayinya. Untuk Rujukan, RSUD Sanjiwani telah memiliki layanan lengkap, baik test HIV, Perawatan, dukungan dan pengobatan bagi ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) dengan terapi obat ARV (Anti Retro Viral), termasuk di UPTD Puskesmas  UPTD Puskesmas Ubud II dan Sukawati I.
 
Untuk Pengobatan ARV bagi ODHIV (Orang Dengan HIV) sampai Bulan Oktober 2022 di Kabupaten Gianyar sejumlah 1.048 orang ODHIV yang rutin melakukan pengobatan HIV. “Karena di seluruh sarana pelayanan kesehatan telah ada pelayanan HIV, diharapkan kesadaran masyarakat untuk tes HIV di tempat pelayanan kesehatan terdekat, yang bila positif HIV, bisa memperoleh pengobatan ARV secara dini,” ajaknya.sar
 Save as PDF

Next Post

Agung Toyota Memperkenalkan All New Kijang Innova Zenix , Berteknologi Toyota Hybrid System Generasi Ke-5

Sel Des 6 , 2022
Dibaca: 24 (Last Updated On: 06/12/2022) Peluncuran All New Kijang Innova Zenix, berlangsung di Trans Studio Mall, Kuta (6/12) DENPASAR – fajarbali.com | PT Toyota-Astra Motor (TAM) Melalui kedua authorized Toyota Dealer Bali, Agung Toyota dan Auto 2000 memperkenalkan  All New Kijang Innova Zenix yang dirancang untuk mewujudkan mobilitas yang […]
IMG20221206145040-139acdc8

Berita Lainnya