15 Tahun SATU Indonesia Awards: Bersama, Berkarya, Berkelanjutan

(Last Updated On: 05/03/2024)
15 Tahun SATU Indonesia Awards: Bersama, Berkarya, Berkelanjutan. (Foto: ist)

 

JAKARTA-fajarbali.com | Tahun 2024 menjadi momentum 15 tahun perjalanan apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards. Diawali dari derap langkah kecil generasi muda yang memberi perubahan besar bagi masyarakat sekitarnya, hingga kini terus membawa SATU Indonesia Awards secara konsisten dan berkesinambungan menjaring dan mengapresiasi pemuda inspiratif bangsa yang senantiasa berkontribusi mendukung tercapainya pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

SATU Indonesia merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk turut berperan aktif serta memberikan kontribusi demi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sejak tahun 2010 Astra telah menyelenggarakan SATU Indonesia Awards.

Dengan mengusung tema tahun ini “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan”, Astra secara resmi menggelar 15th SATU Indonesia Awards 2024 ditandai dengan seremoni Kick-Off yang dilaksanakan di Menara Astra, Jakarta hari ini (4/3). SATU Indonesia Awards merupakan wujud apresiasi Astra kepada anak muda di seluruh Indonesia yang bersatu membangun bangsa dengan memberi manfaat bagi masyarakat melalui lima bidang yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.

“SATU Indonesia Awards adalah salah satu bentuk komitmen Astra untuk ‘Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara’, sebagaimana tertuang dalam butir pertama filosofi Catur Dharma Astra. Hal tersebut juga sejalan dengan perjalanan 67 tahun Astra dalam mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa. Kami berharap dapat semakin banyak menjaring dan mengapresiasi anak muda inspiratif bangsa yang senantiasa semangat membangun negeri bersama, berkarya, berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Dikemas dengan penuh makna, acara Kick-off 15th SATU Indonesia Awards 2024 hari ini menghadirkan bincang inspiratif Astratalk dengan narasumber Juri SATU Indonesia Awards sekaligus Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Ir. Tri Mumpuni, Juri SATU Indonesia Awards sekaligus Head of Environment and Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti dan Penerima Apresiasi 14th SATU Indonesia Awards 2023 Kategori Kelompok Rengkuh Banyu Mahandaru yang berbagi kisah inspiratif sebagai Pejuang Lingkungan Bermodal Limbah Pelepah.

“Sustainability bukan hanya tentang tanggung jawab, tapi juga tentang membuka potensi tanpa batas. Dengan mengintegrasikan inovasi dan konservasi, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik dan sejahtera bagi semua,” ujar Rengkuh saat sesi Astratalk.

 

Momentum 15th SATU Indonesia Awards 2024

Pelaksanaan SATU Indonesia Awards tahun ini memiliki makna khusus bagi Astra karena merupakan tahun pelaksanaan yang kelima belas. Perjalanan yang cukup panjang dan penuh makna dalam menemukan generasi muda yang bekerja dalam diam untuk memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

SATU Indonesia Awards tahun ini dihadirkan dengan semangat baru yaitu peleburan kategori kelompok dan individu di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.

Selain itu, untuk semakin memperkaya penilaian dalam proses menemukan sosok pemuda-pemudi inspiratif, tahun ini SATU Indonesia Awards kembali menggandeng sosok inspiratif sebagai juri tamu untuk menjadi bagian dari dewan juri, yaitu seorang Pegiat Seni, Raline Shah.

Berikut adalah dewan juri 15th SATU Indonesia Awards 2024:

1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia),

2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia),

3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta),

4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan),

5. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi),

6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk),

7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni),

8. Billy Boen (Founder Young On Top),

9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra),

10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra),

11. Raline Shah (Pegiat Seni).

Dalam menjaring para pemuda-pemudi inspiratif bangsa, Astra bekerjasama dengan Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times dan Young On Top. Pada tahun 2023 jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards mencapai 14.997 atau naik 11,4% dari tahun 2022.

Berikut syarat dan ketentuan penerima apresiasi 15th SATU Indonesia Awards 2024:

1. Program diinisiasi oleh Individu atau kelompok.

2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran.

3. Kegiatan harus orisinal.

4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun.

5. Kegiatan yang didaftarkan  tidak pernah menerima maanfaat dari Grup Astra.

6. Kegiatan yang didaftarkan  belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.

7. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG).

8. Bukan karyawan Grup Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards.

9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra. Pendaftaran dibuka mulai hari ini 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024. (rl)

 Save as PDF

Next Post

TUMBUH by Astra Financial Hadirkan Beragam Promo Menarik

Sel Mar 5 , 2024
Dibaca: 257 (Last Updated On: 05/03/2024) Virtual Exhibition TUMBUH by Astra Financial dapat diakses melalui  www.astrafinancialevent.com mulai dari 9-24 Maret 2024. Program ini didukung oleh 10 unit bisnis Astra Financial, di mana dari bisnis digital di antaranya adalah AstraPay, Maucash, Moxa dan SEVA; sementara dari perusahaan pembiayaan yaitu FIFGROUP, Astra […]
1709633245330_copy_768x532

Berita Lainnya