Wabup Suiasa Hadiri Upacara Melaspas Tapakan Pura Dalem Swargan Blahkiuh

MANGUPURA-fajarbali | Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Rabu (24/3/2021) menghadiri Upacara Melaspas Tapakan di Pura Dalem Swargan, Desa Blahkiuh. Kehadiran Suiasa diterima Anggota DPRD Badung I Gusti Ngurah Shaskara bersama Camat Abiansemal IB Mas Arimbawa, Perbekel dan Bendesa Adat Blahkiuh serta tokoh masyarakat setempat. Pelaksanaan upacara tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada krama pengempon pura telah melaksanakan perbaikan (ngodak) tapakan yang dilanjutkan dengan upacara melaspas. Ini merupakan wujud bhakti krama pengempon, semoga melalui upacara ini Ida Betara Tapakan senantiasa menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi alam dan semua makhluk hidup.

“Semoga dengan upacara ini dapat meningkatkan sradha bhakti kita kehadapan sang pencipta, serta paiketan pasemetonan krama pengempon juga tetap terjaga dengan baik kedepannya,” harapnya.

Baca Juga :
Pileg 2024, Badung Berpotensi Miliki 45 Anggota Dewan
Minta Diperlakukan Sama dengan Daerah Lain, Suiasa Berharap Pusat Bantu Pembayaran Gaji Pegawai Melalui DAU

Selain itu Suiasa juga sangat mengapresiasi panitia dan krama, yang sudah taat melaksanakan protokol kesehatan, seperti tetap memakai masker serta tersedianya tempat mencuci tangan. Dengan mematuhi 3 M mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Terlebih pemerintah saat ini sedang menggencarkan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Untuk itu Suiasa mengharapkan masyarakat agar mendukung program vaksinasi dengan tidak takut divaksin.

Sementara itu, Manggala Karya, I Wayan Sugiarta menjelaskan terlaksananya ngodak tapakan ini memang keinginan dari luhur (Ida Betara Tapakan). Tapakan yang diodak yaitu Tapakan Barong Ratu Mas Bagus dan Tapakan Rangda (Ratu Rarung dan Ratu Nyoman Sakti). Rangkaian upacara melaspas diawali dengan upacara ngeratep dan melasti. Usai melaspas, Ida Betara Tapakan akan lunga ke Pura Penataran dan meyasa kerti di Merajepati Gede. Pada purnama kedasa, Minggu (28/3/2021) Ida Betara kairing masucian, Kamis (8/4/2021) kairing ke Pura Pucak Kembar dan nunas yasa kerti di Pura Pucak Sari, Jumat (9/4/2021) mupuk kembang di Pura Pucak Sari, selanjutnya budal ke peyogan dan Ida Betara katuran penangiang. (put)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tempuh Jalur SNMPTN, Empat Siswa SMADARA Lolos Fakultas Kedokteran, Puluhan Siswa Juga Tebus PT Negeri Favorit

Jum Mar 26 , 2021
SEMARAPURA – fajarbali.com | Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring terbukti tak mengurangi semangat siswa-siswi SMA Negeri 2 Semarapura meraih prestasi. Dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN, empat anak didik SMADARA sukses lolos Fakultas Kedokteran. Tak hanya itu, sejumlah siswa juga berhasil menembus perguruan negeri bergengsi di Bali […]