Wabup Suiasa Buka Parade Budaya Desa Mambal

MANGUPURA-fajarbali.com | Guna menumbuhkembangkan kreativitas seni bagi pemuda dan masyarakat, Desa Mambal menggelar parade budaya. Acara ini dibuka Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa ditandai dengan pemukulan gong, Minggu (25/2/2018).



Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali IB. Pada Kusuma, anggota DPRD Badung Made Ponda Wirawan, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya beserta Tripika Kecamatan, para Perbekel se-Kecamatan Abiansemal serta tokoh masyarakat, bertempat di Lapangan Serma Anom Puspa Desa Mambal.

Ketua Panitia I Gst. Made Partanayasa yang juga Ketua LPM Desa Mambal melaporkan, kegiatan parade budaya ini baru pertama kali diadakan di Desa Mambal dan merupakan salah satu event yang akan terus dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan kreatifitas seni bagi pemuda dan seluruh masyarakat Desa Mambal.



“Parade ini diikuti sembilan peserta dari sembilan banjar dinas yang ada di Desa Mambal,” ungkapnya.

Kegiatan parade budaya ini didanai dari APBDes Desa Mambal tahun 2018 dengan Dasar Hukum Surat Keputusan Perbekel No. 10 tahun 2018 tentang seni dan budaya. Kegiatan parade budaya ini sudah di mulai dari pembinaan dan latihan baleganjur dari tahun 2017.

Melihat antusias dari masyarakat dalam kegiatan parade budaya, masyarakat mengajukan permohonan kepada pemerintah agar dapat merealisasikan usulannya untuk dapat mewujudkan Panggung Budaya di Desa Mambal.




Sementara itu Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan, dengan diadakannya parade budaya di Desa Mambal tentunya dari Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi. Dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini masyarakat benar-benar berkomitmen dengan Pemerintah Kabupaten Badung untuk pelestarian dan pemberdayaan seni budaya dan adat.

“Kabupaten Badung telah sepakat dan telah dipastikan,  bahwa apapun yang dilakukan dalam pembangunan di Badung ini harus berlandaskan seni dan budaya itu sendiri,” tegasnya.




Lebih lanjut Suiasa menyampaikan, budaya merupakan akar dari hati nurani, untuk itu semua pembangunan yang dilaksanakan harus berdasarkan hati nurani budaya agar hasilnya sesuai dengan harapan dan keinginan bersama sehingga tingkat kepuasan dan juga niatan masyarakat akan tercapai.

Untuk itu seni dan budaya harus dikembangkan dan pemerintah selalu hadir memberikan inspirasi dan terus memfasilitasi agar semua desa di Kabupaten Badung di sektor seni dan budaya tumbuh dan berkembang.

“Adanya permohonan masyarakat untuk dapat merealisasikan usulannya mewujudkan Panggung Budaya di Desa Mambal, kita juga akan selalu memfasilitas,” katanya.

Untuk membantu kegiatan parade budaya ini Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan Rp 50 juta, juga menyerahkan dokumen naskah dana hibah sebesar Rp 16,5 miliar  se-Desa Mambal tahun 2018.(put)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Giri Prasta Ajak ISI Jaga Bali Lewat Karya Seni

Sen Feb 26 , 2018
MANGUPURA-fajarbali.com | Di hadapan akademisi dan ratusan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta memaparkan Program PPNSB, Senin (26/2/2018) di Ruang Pertemuan Natya Mandala ISI Denpasar.  Save as PDF

Berita Lainnya