Universitas Hindu Negeri Segera Dibangun di Bangli, Bupati Tandatangani NPHD Dengan Rektor UHN IGB Sugriwa

BANGLI-fajarbali.com | Universitas Hindu Negeri (UHN) segera bakal dibangun di Kabupaten Bangli. Terbukti saat ini, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, .M. Si., Senin (12/7/2021) telah menandatangani Penerbitan Naskah Perjanjian Hibah Barang Milik Daerah (NPHD) dan Serah Terima Hibah BMD. Pada kesempatan itu hadir  Wabup Bangli I Wayan Diar, Anggota DPRD Bangli dan Anggota Forkopimda Kabupaten Bangli. 


Bupati Sang Nyoman Sedana Arta  dalam sambutannya mengatakan, pendandatanganan NPHD merupakan kegiatan yang sangat bersejarah yang membuat kabupaten Bangli  akan memiliki Universitas Hindu Negeri. Universitas Hindu Negeri ini, tidak ada terbesar di Bali. Namun ternama  dan terbaik di Indonesia.

Lanjut Sedana Arta, hal tersebut dapat terwujud berkat peran kita semua. Prosesnya pun, telah sesuai harapan.

“Bayangkan saja, Kabupaten Bangli bukan merupakan pemerintah yang kaya,  tetapi kita memiliki komitmen besar untuk membangun SDM yang handal. Sejarah membuktikan kejayaan di masa lampau, khususnya pada kerajaan Hindu Bali Kuno, sudah  seyogyanya pusat budaya Hindu hadir di pusat peradaban Bali kuno yakni  Kabupaten Bangli,”katanya

Baca juga :
Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah Terhadap Pemandangan Umum Fraksi DPRD Badung, Ketua DPRD Apresiasi Komitmen Bupati Membangun Kesejahteraan Masyarakat
Bupati Minta Sekolah TK, SD, SMP Negeri Di Karangasem Jangan Bebani Orang Tua Siswa

Dalam hal ini, Rektor UHN IGB Sugriwa disebutkan memiliki komitmen besar menjalankan kesepakatan yang sudah dibuat bersama atas dasar kesadaran bersama dalam membangun Kabupaten Bangli.

“Kita harap kesepakatan ini medapatkan perhatian dari Ida Sang Hyang Widi Wasa sehingga semua bisa berjalan lancar. Dalam hal ini kita mempunyai komitmen bersama dalam menciptakan SDM handal di masa mendatang,” harap Sedana Arta.

Sementara  Rektor Universitas  Hindu Negeri  IGB Sugriwa mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bangli yang telah mengibahkan lahan untuk Pembangunan gedung UHN di Kabupaten Bangli. Sebelumnya pihaknya mengakui, sempat kesulitan untuk mendapatkan lahan yang refresentatif untuk pembangunan gedung  universitas ini.

“Hibah tanah oleh Pemkab  Bangli ini akan kita manfaatkan secara maksimal untuk pegembangan kampus  maupun peningkatan SDM,”kata dia. 

Diakui lahan yang dihibahkan tersebut memang masih kurang dari kebutuhan ideal. Karena bila dibandingkan dengan Universitas Islam dan Kristen di Indonesia, lahanya menimal 50 hektar  Kendati demikian, lahan ini sudah refresentatif untuk kampus ini. “Kita  saat ini dihibahkan tanah seluas 5,9 ha, dan nanti Pak Gubernur juga akan memberikan lahan, ini akan memotivasi universitas untuk mengembangkan diri baik mengembangan jurusan keagamaan maupun prodi-prodi lainnya,”katanya

Dia lanjut menambahkan, 11  September  2021 secara bertahap akan mulai memindahkan rektorat ke Bangli. Sementara pelayanan akademik masih  di Denpasar.

“Dewasa ayu, pindahnya kita lakukan 11 September  tahun ini,”pungkasnya (ard).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Masuki PPDB, Dilarang Memungut Pengadaan Seragam dan Perlengkapan Sekolah

Jum Jul 16 , 2021
NEGARA-fajarbali.com | Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerbitkan Instruksi  terkait Penerimaan Peserta  Didik  Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam instruksi nomor 2335/ Dikpora/2021  tertanggal 12 Juli 2021 itu melarang pihak sekolah memungut  pengadaan seragam dan perlengkapan sekolah. Sekolah juga tidak dibenarkan melakukan  pungutan uang SPP, uang gedung dan pungutan komite lainnya […]