Tingkatkan Skill, Knowledge dan Attitude, Personel Polda Bali Dilatih Program Polri Belajar Polda Bali

Dilaksanakan Setiap Minggu Dengan Variasi Materi dan Narasumber Berkompetensi.


Warning: strlen() expects parameter 1 to be string, array given in /home/fajarbal/public_html/wp-includes/functions.php on line 262
(Last Updated On: )

PELATIHAN-Personel Polda Bali ikuti pelatihan program Polri Belajar Polda Bali di mapolda Bali. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Polri sangat mendukung adanya konsep penanganan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) di wilayah hukum Polda Bali. Program yang merupakan gagasan dari Kapolda Bali Irjenpol Putu Jayan Danu Putera ini diharapkan dapat menanggulangi atau menyelesaikan setiap gangguan persoalan yang terjadi di masyarakat. 
 
Terlebih lagi, personel Polda Bali saat ini tengah melaksanakan program pelatihan Polri Belajar Polda Bali yang berlangsung setiap Minggu. Program ini berguna untuk meningkatkan skill, Knowledge dan Attitude seluruh personel Polda Bali. 
 
Menurut keterangan Karo Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Bali Kombes Pol Tri Bisono Soemiharso, masyarakat Bali memang sudah dikenal karena memiliki ciri khas dan entitas yang sangat unik. Hal ini berdampak dalam struktur masyarakatnya yang dibentuk atas integrasi adat, budaya dan agama Hindu serta memiliki konsekuensi hukum adat. 
 
Diharapkan ini menjadi warna penting bagi pluralisme di Indonesia. Secara kontrol sosial ini merupakan sebuah surplus yang dapat dioptimalkan untuk mendukung berbagai kebijakan Pemerintah dalam mengantarkan Bangsa Indonesia menuju cita-cita luhur mewujudkan Indonesia adil dan makmur. 
 
“Bagi Polda Bali, tipologi masyarakat Bali yang sangat dinamis serta terbuka dengan budaya masyarakat internasional ini perlu dikaji dan dianalisa. Sehingga menjadi referensi penting dalam upaya meningkatkan daya fungsi organisasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kepolisian di Bidang Harkamtibmas, perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat serta penegakan hukum,” ungkap Kombes Pol Tri Bisono Soemiharso, saat ditemui di mapolda Bali, pada Senin 27 Februari 2023. 
 
Ia mengatakan, proses pengkajian dan analisa dinamika masyarakat Bali ini dilaksanakan melalui Program Polri Belajar Polda Bali. Dan, program ini merupakan inisiasi dari Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil. Dimana, seluruh personel Polda Bali diberikan stimulus peningkatan skill, knowledge dan attitude. 
 
Kegiatan ini sejatinya dilaksanakan setiap minggu. Mulai dari materi kompetensi bidang teknis kepolisian hingga materi kearifan lokal masyarakat Bali yang memiliki dampak besar terhadap kamtibmas di daerah hukum Polda Bali. 
 
“Jadi, program Polri Belajar Polda Bali dilaksanakan setiap minggu dengan variasi materi dan narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing,” terang Kombes Tri Bisono. 
 
Dijelaskanya, konsep Sipandu Beradat yang merupakan inovasi Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan D.P., S.H., M.Si lahir dari proses Polri Belajar Polda Bali yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan inklusif serta adaptif dengan perkembangan masyarakat Bali. 
 
Dalam perjalanannya, program ini juga mengakomodasi perubahan budaya dan transisi pengaruh teknologi terhadap kehidupan sosial masyarakat. 
 
“Ke depan diharapkan personel Polda Bali memiliki bekal pengetahuan sehingga memiliki kapabilitas untuk melakukan kontrol sosial sehingga wujud nyata Polda Bali yang mampu prediktif, penuh responsibilitas dan transparansi dalam penegakan hukum dapat dirasakan secara real time oleh masyarakat Bali,” ujarnya. 
 
Saat ini, kata Kombes Tri Bisono, Biro SDM Polda Bali telah melakukan elaborasi atas kebijakan SSDM Polri dan Kapolda Bali yang telah mendukung kegiatan dan implementasi Inovasi Sipandu Beradat demi meningkatkan kemampuan personel melalui program Polri belajar. R-005 

Next Post

Satresnarkoba Polresta Ciduk Residivis Maling jadi Kurir 2 Kg Ganja

Sen Feb 27 , 2023
Tersangka Dijanjikan Upah Rp 50.000 Sekali Tempel.
IMG_20230227_171856

Berita Lainnya