Tingkatkan Literasi Generasi Muda, PDI Perjuangan Gelar Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali

AMLAPURA-fajarbali.com | Serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan ke-48 di Karangasem, diisi berbagai acara. Salah satunya, lomba cerdas cermat Susastra Bali tingkat SD, SMP, dan SMA se-Karangasem. Lomba cerdas cermat susastra Bali ini rencananya akan digelar selama dua hari yang dimulai pada Jumat (4/6/2021) mendatang. 



Sebelum menggelar lomba, koordinator lomba Cerdas Cermat Susastra Bali, DPC PDI Perjuangan Karangasem menggelar technical meeting pada Selasa (1/6/2021) di sekretariat DPC PDI perjuangan Karangasem. Selain dari DPC PDI Perjuangan, panitia juga melibatkan dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem. 

Baca Juga :
Parwata Terima Komunitas Penghobi Olah Raga Otomotif Badung Boomber Reborn
Gerakan Ekonomi di Tengah Pandemi, Taman Satwa Tasta di Buka

Koordinator lomba Cerdas Cermat, Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni, didampingi I Gede Parwata mengatakan, lomba cerdas cermat (Utsawa widyatarka) susastra Bali diikuti oleh 27 regu yang terdiri dari 9 regu tingkat SD, 9 regu tingkat SMP, dan 9 regu tingkat SMA.  Nantinya, kata Sri Dewi Wahyuni yang juga anggota fraksi PDI perjuangan di DPRD Karangasem ini, tiap peserta yang lolos akan kembali di adu saat babak final pada Sabtu (5/6/2021).

“Dari 27 regu akan diadu di babak penyisihan, babak final akan diikuti oleh tiga regu dengan nilai tertinggi,” ujarnya.  

Dikatakan Sri Dewi Wahyuni, lomba cerdas cermat Susastra Bali ini sebagai implementasi visi “Nangun Sat kerthi loka Bali” yang bertujuan meningkatkan literasi generasi muda Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegriyas, bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai  kearipan lokal krama Bali yang terkandung dalam bahasa aksara, dan sastra Bali.

“Salah satu upaya dari partai PDI Perjuangan untuk mengimplementasikan visi Gubernur Bali,” ujarnya lagi. 

Terkait soal yang akan yang akan diberikan,Gede Parwata menambahkan, soalnya diambil dan disusun dari materi bahasa Bali kurikulum 2013 baik untuk SD, SMP dan SMA. Parwata juga mengatakan, naskah soal juga disiapkan panitia dari Disdikpora Karangasem.

“Naskah soal kami percayakan kepada panitia, dan kami sendiri tidak tahu isinya,” ujar Parwata yang juga anggota DPRD Karangasem dari fraksi PDI Perjuangan. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Piagam Cilayukti, Desa Adat Se-Karangasem Tolak Sampradaya

Sel Jun 1 , 2021
AMLAPURA-fajarbali.com | Aktivitas sampradaya non dresta Bali di Kabupaten Karangasem yang dinilai cukup massif membuat MDA Kabupaten Karangasem mengambil sikap.
BPD BALI