Tingkatkan Literasi Digital, SIBERKREASI bersama KUMPUL Buka Kelas Cakap Digital

(Last Updated On: )

Mangupura-fajarbali.com | Perkembangan teknologi menyebabkan terbentuknya era digital yang membawa beberapa perubahan. Pada era seperti sekarang ini, teknologi digital sudah melekat dan membantu seluruh aktivitas manusia. Dalam Sambutan Menkominfo saat Peluncuran Program Literasi Digital Nasional beberapa waktu lalu menyatakan, angka pengguna internet di Indonesia telah mencapai 196,7 juta jiwa. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo juga menyebutkan, bahwa kewajiban semua kalangan untuk terus meminimalkan konten-konten negatif dan banjiri serta isi terus dengan konten-konten positif.


“Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden dan Menkominfo, maka dari itu dibutuhkan kemampuan literasi digital yang baik yang menjadi tugas bersama dengan dukungan semua masyarakat agar kita semua bisa mengoptimalkan kebermanfaatan internet untuk menciptakan lebih banyak konten positif dan kreatif bahkan membuat UMKM naik kelas,” ungkap Marketing Kembali Innovation Hub Pande Surya, Kamis (8/7/2021).

Ia mengatakan, salah satu upaya yang tengah dilakukan yakni Kembali Innovation Hub melakukan kerja sama dengan KOMINFO dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali membuka pendaftaran Kelas Cakap Digital (KCD). Periode pendaftaran mulai dari 17 Juni hingga 8 Juli 2021.

“Berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, KCD Siberkreasi kali ini bekerjasama dengan KUMPUL untuk melaksanakan di lima kota. Selain itu, KCD ini juga bekerjasama dengan mitra KUMPUL yakni Kembali Innovation Hub untuk penyelenggaraan di Bali pada 27-31 Juli mendatang,” terang Pande Surya.

Baca Juga :
Walau Merasa Kecewa, Kebijakan PPKM Darurat Tetap Ditaati Masyarakat
Denpasar Zona Hitam, Penyekatan di Batubulan Diperketat

Sementara itu, Dedy Permadi selaku Juru Bicara KOMINFO juga menambahkan, bahwa kemampuan literasi digital dapat ditumbuhkan dan dikembangkan melalui kelas-kelas literasi digital yang diselenggarakan di 514 kabupaten / kota maupun bersama mitra-mitra jejaring Siberkreasi.

“Literasi dan kecakapan digital yang dikembangkan terkait kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Dengan begitu, harapannya Indonesia dapat segera mempercepat transformasi digital nasional khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia. KCD Siberkreasi X KUMPUL ini menjadi salah satu akses edukasi literasi digital di seluruh Indonesia dengan menciptakan ribuan penggerak literasi digital di Indonesia. Dengan adanya KCD ini, masyarakat khususnya generasi muda diharapkan dapat memanfaatkan internet dengan cakap, bijak, dan aman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan, KCD Siberkreasi X KUMPUL ini terbuka bagi seluruh masyarakat. Masyarakat dapat mengikuti kelas ini secara gratis berupa workshop yang terdiri dari empat pilar yaitu, Keamanan Digital (privasi data), Etika Digital (kredit dan hak cipta di media digital), Budaya Digital (gaya hidup digital dan integrasi kultur Indonesia di media digital), dan Kecakapan Digital (strategi & produksi konten di media sosial).

“Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan pembelajaran mengenai kelas komunikasi. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kelas cakap digital dapat melihat info selengkapnya di sosial media Instagram @Siberkreasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Inspektorat Buleleng, Pastikan Pengelolaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19 Berjalan Baik

Ming Jul 11 , 2021
(Last Updated On: )SINGARAJA-fajarbali.com | Berkat upaya Inspektorat Kabupaten Buleleng yang senantiasa melakukan pengawasan dan pembinaan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mengelola dana desa.

Berita Lainnya