Tiga Bule Sindikat International, Kokain Dipasok dari Amerika Latin

BULE NARKOBA-Tiga tersangka bule CHR, PED dan JO ditangkap BNNP Bali.

DENPASAR -fajarbali.com |Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali meringkus 3 warga negara asing terkait kepemilikan 800 gram kokain. Ketiganya yakni PED (35) asal Brazil, CHR (29) asal Inggris dan JO (39) asal Meksiko diduga kuat jaringan narkoba international. Terungkap, kokain yang berasal dari Amerika Latin itu diedarkan oleh ketiga tersangka di wilayah Canggu dan Seminyak Kuta Utara, Badung. 
 
 
Menurut Kepala BNNP Bali Brigjenpol Gde Sugianyar Dwi Putra didampingi Kabid Berantas Putu Agus Arjaya, tiga jaringan narkoba itu diringkus atas kerja sama dengan pihak Imigrasi Ngurah Rai dan Bea Cukai Bandara Ngurah Rai. 
 
Diakuinya, penyelidikan ini memakan waktu lama karena memang harus diselidiki lebih mendalam. “Penyelidikan ini lama karena betul betul diselidiki terutama tersangka asal Inggris,” beber Brigjen Sugianyar, saat jumpa pers Jumat 5 Agustus 2022. 
 
Tim gabungan lantas bergerak menelusuri masuknya narkoba jenis kokain ke sebuah Vila di Jalan Tumbak Bayuh, Desa Pererenan, Mengwi, Badung pada Kamis 21 July 2022 sekitar pukul 21.00 wita. “Dalam pengerebekan itu kami amankan tersangka CHR asal Inggris,” ungkapnya. 
 
Dilokasi pengerebekan disita barang bukti 30 plastik klip berisi kokain seberat 443,56 gram. Hasil interogasi CHR mengaku sebagai pengedar kokain. “Dia bertugas mengedarkan secara face to face yaitu bayar langsung, beda dengan sabu yang sistem tempel,” sebut jenderal bintang satu dipundak ini. 
 
Hasil penyelidikan lanjutan, BNNP mendapati nama pemasok kokain adalah PED asal Brazil. Ia kemudian ditangkap di rumahnya di Jalan Raya Semat Banjar Pelambingan Desa Tibubeneng Kuta Utara sekitar pukul 23.00 Wita. “Darinya disita barang bukti kokain seberat 194,81 gram netto,” terangnya. 
 
Selain kokain, di rumah tersebut diamankan barang bukti hasis seberat 9,26 gram netto, serta ganja 1,53 gram. Dari hasil pemeriksaan, pria yang berprofesi sebagai juru masak ini seorang bandar yang berkomplot dengan JO, tersangka asal Meksiko. 
 
Tak mau buang waktu, Tim mengejar Jo yang tinggal sebuah Villa di Jalan Pura Warung, Banjar Babakan, Desa Canggu, pada Jumat 22 July 2022 sekitar pukul 00.15 Wita. Dalam penggeledahan ditemukan kokain seberat 206,22 gram netto. 
 
Ada juga MDMA seberat 34,05 gram netto yang masih dalam bentuk gelondongan atau belum dipecahkan, serta ganja seberat 1 gram netto. “Jadi, JO adalah top dealer bandarnya, karena sudah tinggal di Bali sejak 2012. Dua lainnya masih baru tinggal tahun ini,” bebernya. 
 
Mantan Kepala BNNP NTB ini mengungkapkan ketiga bule itu merupakan jaringan narkoba international. Dimana, 800 gram kokain yang disita merupakan diproduksi dari Amerika Latin disebarkan melalui Eropa dan masuk ke Indonesia. Pihak BNNP masih menyelidiki darimana masuknya kokain tersebut beserta jaringanya. 
 
Selain itu ketiganya diduga sebagai pemasok kokain terbesar yaitu 80 persen di wilayah Canggu dan Seminyak. Sementara pasaran kokain tersebut mayoritas adalah warga negara asing di tempat paguyuban mereka di Canggu dan Seminyak. 
 
“Untuk harga kokain cukup mahal sekitar Rp.4 juta hingga Rp 5 juta pergram. Sementara dari hasil tes urine, ketiganya positif. Selain mengedarkan mereka juga pemakai,” sebutnya. (Hen)

Next Post

Tidak Lulus Sipencatar Poltrada, Orang Tua Siswa Minta Hasil Tes Kesehatan Dibuka

Jum Agu 5 , 2022
GIANYAR-fajarbali.com | Tahap seleksi calon taruna Poltrada Bali, Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar sudah pengumuman tes kesehatan. Dalam pengumuman ini belasan orang tua yang sebelumnya sudah tes kesehatan secara mandiri dan tidak lulus dalam pengumuman, menanyakan aspek kesehata  mana putra-putrinya tidak lulus. Orang tua Catar mendatangi Poltrada, Jumat (5/8/2022).  Belasan orang tua […]
IMG_20220805_192533-ed1e9aa4
BPD BALI