Terkait Kampung KB, Tim Verifikasi Pusat ke Jembrana

NEGARA-fajarbali.com | Desa Tegal Badeng Kecamatan Negara yang dipilih untuk melaksanakan program Kampung KB sejak tahun 2016, tampak berhasil. Keberhasilan melaksanakan program tersebut, terbukti pernah menjadi duta Jembrana untuk ke Provinsi. Sedangkan kini berkat keberhasilan program Kampung KB itu, tim Verifikasi dan Validasi Staf Kepresidenan RI datang ke Jembrana, ingin mengetahui sekaligus turun langsung ke Kampung KB di Desa Tegal Badeng Barat.

Tim Verifikasi ini datang ke Jembrana dan bertemu dengan Bupati Jembrana Putu Artha yang didampingi Sekda Jembrana Made Sudiada dan sejumlah pimpinan OPD di Kantor Bupati Jembrana itu,  juga berkaitan usulan dari BKKBN Perwakilan Bali tentang penerimaan Penghargaan Satya Lencana, Selasa (23/4).

Desa Tegal Badeng Barat, selain dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan warganya melalui industri kreatifnya, juga tak kalah pentingnya yakni Program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Tim Verifikasi dan Validasi tersebut datang ke Jembrana dipimpin Letkol Sandy bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Catur Sentana dan sejumlah pejabat lainnya.
Catur Sentana mengatakan sesuai dengan UU 23 tahun 2014, Pemkab Jembrana telah menunjukan komitmen dalam menjalankan program pembangunan terutama program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. ” Pemkab Jembrana sudah menunjukan bukti , tentunya dalam dokumen dengan realita yang di lapangan (kampung KB) desa Tegal Badeng Barat dan kerap jadi obyek studi banding kampung kampung KB yang ada di Bali,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Tim Verifikasi dan Validasi, Letkol Sandy. Dia mengaku verifikasi dan validasi ini bertujuan untuk mengecek antara dokumen terkait kampung KB dengan realiti di lapangan. “Kami melakukan kroscek di lapangan terkait program Kampung KB di Desa Tegal Badeng, dan ternyata tidak ada penyimpangan, bahkan justru jauh lebih baik dari dokumennya,” ujarnya ketika datang langsung bertemu masyarakat di Kantor Desa Tegal Badeng Barat.

Sementara Bupati Jembrana Putu Artha dihadapan tim Verifikasi dan Validasi saat audensi mengatakan pemerintah selama ini mensinergikan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan dengan melibatkan OPD terkait.
Program Kampung KB ini sangat penting dan strategis bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Selain dapat menurunkan kemiskinan , juga dapat meningkatkan kesehatan, mencegah  pernikahan dini dan lainnya.(prm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Banyak Petugas Pemilu Jatuh Sakit, Diskes Buleleng Terjunkan Tim Kesehatan

Rab Apr 24 , 2019
SINGARAJA-fajarbali.com | Dengan adanya beberapa petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mengalami jatuh sakit hal itu membuat Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Buleleng membentuk tim kemudian diturunkan untuk memeriksa para petugas pemilu seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan para petugas jaga baik anggota kepolisian, TNI hingga seluruh unsur yang melakukan petugas […]
BPD BALI