Tahun 2021, UNR Telurkan 601 Sarjana dan Magister

DENPASAR-fajarbali.com | Universitas Ngurah Rai (UNR) menggelar Wisuda Sarjana ke-39 dan Magister secara blanded, perpaduan daring dan luring, Sabtu 9 Oktober 2021. Total wisudawan wisudawati yang dilepas berjumlah 601 orang.

Menariknya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno secara khusus memotivasi Civitas UNR secara virtual. Menteri milenial berlatarbelakang wirausaha itu berharap alumnus UNR mampu berkontribusi membangun bangsa dan negara, khususnya untuk kebangkitan pariwisata Bali.

Menurutnya, untuk mempercepat akselerasi kebangkitan perekonomian, diperlukan peran sarjana-sarjana kreatif dan inovatif. “Saya ucapkan selamat dan sukses untuk seluru wisudawan,” kata dia.

Rektor UNR Dr. Ni putu Tirka Widanti, MM., M. Hum., menjelaskan, perguruan tinggi yang ia pimpin telah melaksanakan tri darma dengan baik, salah satunya dibuktikan dengan prosesi wisuda tahun 2021 dengan lancar. Dan yang terpenting, hampir 100 persen peserta wisuda sudah terserap dunia kerja.

Tirka Widanti yang Agustus lalu genap setahun menjabat rektor di Kampus Perjuangan ini, sukses mengatrol posisi UNR di peringkat ke 3 perguruan tinggi swasta terbaik se Bali, serta nomor 5 dari perguruan tinggi negeri dan swasta tahun 2020. Secara nasional, UNR patut berbangga karena hampir merangsek ke posisi 100 besar.

Capaian lain yang patut disyukuri adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis berhasil memenangkan hibah PKKM sebesar 1,2 miliar dari Kemendikbudristek. Hibah ini berlaku tiga tahun atau multiyears.

“Untuk memenuhi kebutuhan stakeholder, kami teah merancang dua program studi baru, yakni Psikologi dan Sistem Informasi. Soal dosen, kami target 40 persen sudah doktor tahun depan,” kata Tirka.

Prestasi kekinian juga datang dari non akademik. Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) sukses mendulang medali cabang olahraga judo di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua. Dalam waktu dekat, rektor berencana memberikan apresiasi mahasiswanya yang turut mengharumkan nama bali.

Terkait masa studi wisudawan/wisudawati tahun ini, Tirka menjelaskan, untuk program sarjana rata-rata 4 tahun dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi 4.00. Sedangkan untuk program Magister terdiri dari Magister Hukum dan Magister Administrasi Publik, rata-rata masa studi 2 tahun dengan IPK tertinggi juga 4.00.

Ketua Yayasan Jagadhita Denpasar Dr. Drs. AA Gde Raka, M.Si., mengaku puas dengan kepemimpinan tirka widanti, termasuk dekan, Direktur Pascasarjana dan seluruh jajarannya. Anggaran yang digelontorkan yayasan sangat sesuai dengan prestasi yang dipersembahkan Civitas Akademika Universitas Ngurah Rai. Namun ia meminta rektor terus berinovasi mengisi kekurangan-kekurangan di tahun-tahun sebelumnya. (Gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MGPSSR dan ITB STIKOM Bali Gelar Dharmatula Nasional 2021

Ming Okt 10 , 2021
DENPASAR-fajarbali.com | Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Pusat kembali bekerja sama dengan ITB STIKOM Bali menggelar Dharmatula Nasional secara daring, bertempat di kampus ITB STIKOM Bali, Denpasar, Jumat (08/10/2021), lalu dan diikuti ratusan warga Pasek di seluruh Indonesia. Dharmatula atau diskusi nasional ini bertemakan “Revitalisasi Nilai Budaya Melalui […]