Sungai Unda Klungkung Meluap, Tanggul Penghalau Lahar Jebol

SEMARAPURA-fajarbali.com | Hujan lebat yang terjadi semalam  menyebabkan tanggul Sungai Unda Klungkung  jebol. Padahal tanggul yang dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida di Kelurahan Semarapura Kangin ini baru beberapa bulan rampung. Tanggul yang ditujukan untuk menghalau airan lahar bila terjadi erupsi Gunung Agung ini jebol hingga ratusan meter. Akibatnya air meluap hingga mendekati pemukiman warga.



Salah seorang warga yang bermukim di bantaran Tukad Unda, Ketut Catur (60) mengatakan kalau meningkatnya debit air sungai Unda berlangsung sekitar pukul 02.00 Wita. Sejak saat itu, perlahan-lahan air mulai masuk ke kawasan permukiman dan mengancam sebelas rumah warga.  

“Karena tanggulnya tergerus, maka air langsung masuk ke kawasan permukiman. Kejadian ini juga membuat kami khawatir,” tuturnya sambil menatap aliran Sungai Unda yang sangat deras dan berwarna coklat, Kamis (1/2/2018)




Lurah Semarapura Kangin, Wayan Sudarma menyatakan penanganan tanggul itu sudah dikoordinasikan langsung dengan BWS Bali-Penida. Bahkan sudah ditindaklanjuti dengan pemantauan langsung ke lokasi. “Katanya sudah diipantau. Untuk warga belum mengungsi. Itu terus dipantau,” tegasnya.(dia)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pedagang Nilai Penutupan Pasar Pagi di Terminal Seraya Kurang Sosialisasi

Kam Feb 1 , 2018
AMLAPURA-fajarbali.com | Para pedagang yang biasa berjualan di area terminal Seraya, pasar Timur Amlapura kembali mendatangi kantor DPRD Karangasem. Para pedagang yang kebanyakan perempuan ini menilai, penutupan tempat berjualan pada dini hari ini dianggap kurang sosialisasi ke pedagang sehingga kerap dibubarkan oleh petugas.  Save as PDF

Berita Lainnya