Sportel Rendez-vous Bali 2024 Jadi Pusat Diskusi Soal Nasib Media Olahraga Global Kedepan

(Last Updated On: 22/02/2024)

(Kiri – Kanan) -Fachrul Prasodjo,  Business Development Director Transvision Laurent Puons, CEO SPORTEL F. Aming Santoso, Presdir & CEO iForte dan Protelindo Group Silvi Liswanda, Vice President Director & Deputy CEO iForte Brando Tengdom, Marketing & Sales Director, Transvision

NUSA DUA-fajarbali.com

Sportel Rendez-vous Bali 2024 telah resmi dibuka di Hotel Intercontinental Resort Jimbaran Bali. Acara prestisius ini menandai momen penting bagi industri media olahraga global dengan menyajikan serangkaian diskusi, presentasi, dan acara masterclass yang menarik.

Pembukaan resmi acara diwarnai dengan kehadiran para pemimpin industri, tokoh penting, dan penggiat olahraga, termasuk Louis Ducruet, yang menjabat sebagai Presiden MONACO E-SPORTS FEDERATION & BARBAGIUANS MONACO, dan Laurent Puons, CEO SPORTEL. Dalam sambutannya, mereka menyoroti pentingnya acara ini sebagai platform untuk berbagi wawasan, mengeksplorasi tren terkini, dan membangun jaringan dalam industri yang terus berkembang ini.

Sesi pertama yang menarik perhatian adalah Masterclass bertajuk “Tackling Piracy in Sports in Indonesia & Asia: The Collaboration”. Diskusi mendalam ini menghadirkan pemangku kepentingan dari seluruh spektrum industri, mulai dari pemilik konten hingga penyedia solusi teknologi, yang bergabung dalam upaya kolaboratif untuk memerangi streaming ilegal yang semakin merajalela di kawasan ini. Dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, langkah-langkah kolaboratif semacam ini menjadi semakin penting dalam menjaga integritas konten olahraga. Sesi ini dipandu oleh Matt CHEETHAM, General Manager, CAP, AVIA, ASIA VIDEO INDUSTRY ASSOCIATION dengan narasumber Bastien CASALTA, CTO, TMG, Anna GUARNERIO, International Media Rights Director, LEGA SERIE A, Hermawan SUTANTO, Chairman, AVISI dan Dr. Nyoman ADHIARNA, Secretary of Directorate-General of Informatics Applications, MINISTRY OF COMMUNICATIONS AND INFORMATICS (KOMINFO).

Presentasi selanjutnya, “Delivering Unforgettable Live Broadcasts from the Pacific Games 2023”, disampaikan oleh Chris DREDGE, Country & Sales Manager, LiveU Pacific, LIVEU yang memberikan sorotan yang menarik tentang penggunaan teknologi video-IP yang inovatif untuk meningkatkan pengalaman siaran langsung selama Pacific Games 2023, yang tidak hanya memperluas jangkauan audiens, tetapi juga meningkatkan keterlibatan pemirsa.

Masterclass “The Indian Subcontinent: A Major Market for Sports Media & Tech” membuka diskusi tentang potensi besar di pasar India untuk industri media olahraga. Para ahli menggali tantangan dan peluang yang melekat dalam ekosistem olahraga India yang dinamis, dari dominasi kriket hingga munculnya inovasi teknologi yang membawa perubahan besar dalam cara konsumen mengkonsumsi konten olahraga. Sesi ini akan dimoderatori oleh Imran YUSUF, Editor, SPORTBUSINESS dengan deretan pembicara termasuk Layon Ivan Patrick LOBO, Director Content, PI PAKISTAN PVT LTD (TAPMAD), Gaurav MEHTA, Co-Founder, QUIDICH INNOVATION LABS PVT LTD, Joshua VARUGHESE, Sr. Director of Content, BASEBALL UNITED, INC. 

Sesi berikutnya, “OTT, Streaming & Content Delivery”, memperdalam pemahaman tentang dampak transformatif layanan OTT dalam pengiriman konten olahraga. Dalam era di mana model tradisional bergeser ke arah layanan berbasis cloud, panel ahli ini menyoroti pentingnya kolaborasi strategis untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh streaming ilegal, sambil memanfaatkan peluang yang muncul dalam meningkatkan keterlibatan pemirsa. Para pembicara di sesi ini adalah Stephen HODGE, CEO, OTTERA, Shahid SEN, Head, Integrated Sales, Asia, BEIN SPORTS ASIA PTE LTD, Clarissa TANOESOEDIBJO, Managing Director, VISION+, Dave ULMER, CEO, CAMBODIAN BROADCASTING SERVICE.

Menyusul itu, presentasi dari Deniz ARSLAN, Team Lead CSM Team, VP of Real Time, I3D.NET tentang “Gaming & Sports, the Competition is Online & in Real Time” menyoroti hubungan yang semakin erat antara dunia gaming dan olahraga. Serta bagaimana kedua industri ini saling mempengaruhi dan memberikan pengalaman yang mendalam kepada audiens global.

Kelas master “Raising the Game: The Future of Football in Indonesia” menutup hari pertama dengan mendiskusikan potensi komersial sepakbola Indonesia dan strategi untuk meningkatkan daya tarik liga domestik. Dengan sepakbola menjadi bagian integral dari budaya Indonesia, diskusi ini memberikan pandangan yang berharga tentang bagaimana memanfaatkan kemitraan media dan kolaborasi internasional untuk meningkatkan visibilitas dan popularitas olahraga ini di tingkat global. Sesi ini akan menghadirkan pembicara-pembicara yaitu Hendy LIM, Director, IEG, Dini PUTRI, Director, RCTI, Kevin SIM, Head of Asia Pacific, BUNDESLIGA INTERNATIONAL GMBH, Yabes TANURI, CEO, BALI UNITED FC.

Selain deretan presentasi dan masterclass, Sportel Rendez-vous Bali juga menghadirkan sesi “Pitch Perfect” dimana perusahaan-perusahaan inovatif memamerkan solusi kreatif yang berpotensi merevolusi industri hiburan olahraga. Dari platform cerita hingga pengiriman konten real-time, setiap presenter akan menarik perhatian audiens dan panel juri dengan pitch yang mengesankan dan memberikan wawasan tentang masa depan yang menarik bagi hiburan olahraga. Sesi ini akan dipandu oleh Joanna MERCHIE, Conference Director, SPORTEL dengan pemapar yaitu Vanessa AMANTE, Producer, STORYTAILORS, Wouter COPPERT, Business Development Manager Realtime, I3D.NET, Anna PAK BURDIN, SVP Sales & Business Development, EVRIDEO, Bernice NEO, Regional Account Director, GOOSE, Tony PUCELLA, Founder/CEO, PREMIER DATA.

Pada hari kedua, 23 Februari 2024, akan dibuka dengan Masterclass “The Boom in Women’s Sports: From Viewership to Commercial Opportunities” yang akan menyoroti peningkatan prominensi olahraga wanita dan potensi transformatifnya dalam membentuk lanskap olahraga global. Diskusi tersebut menekankan pentingnya memanfaatkan peluang sponsor dan meningkatkan keterlibatan digital dalam mendorong pertumbuhan olahraga wanita. Sesi ini dimoderatori oleh Iris CORDOBA MONDEJAR, General Manager, GSIC, Marissa BANU-LAWRENCE, Head of Content Acquisitions, FOX SPORTS AUSTRALIA, Mark CHEW, Managing Director, REDDENTES SPORTS PTE LTD, Connie HENG, Head of Media Rights, ASIAN FOOTBALL CONFEDERATION, Linda WAHYUDI, Founder & Chairwoman, INDONESIA MULTISIAR SPORTAMA IMSPORT.

Presentasi “Sport Entertainment & The Value of Connectivity” oleh Arijit MITRA, Chief of Business Transformation, IFORTE & PROTELINDO GROUP, memberikan pandangan baru tentang pentingnya konektivitas dalam konsumsi olahraga global. Infrastruktur telekomunikasi menjadi elemen kunci dalam memastikan pengalaman olahraga yang lancar dan terhubung di seluruh negeri.

Masterclass “It’s a Niche – Riding the Wave with D2C, OTT, Streaming & Social Media” diipandu oleh Joanna MERCHIE, dan menghadirkan pembicara-pembicara seperti Tim KELLY, CEO, CLOUDMIX, Fachrul PRASODJO, Chief of Business Development, TRANSVISION / CUBMU, Laurent PUONS, Co-Founder & CEO, FIGHT NATION yang menyoroti tren berkembang properti niche dalam memanfaatkan OTT, media sosial, dan ruang digital untuk menjangkau para penggemar dengan model bisnis yang inovatif.

Presentasi “Monetising Sustainability & Championing Social Awareness Through Sports” menutup hari kedua dengan diskusi tentang bagaimana olahraga dapat menjadi platform untuk perubahan sosial yang positif. Panel tersebut menyoroti bagaimana praktik ramah lingkungan dapat ditingkatkan dan bagaimana olahraga dapat digunakan untuk mempromosikan kesadaran sosial yang lebih luas, membuka jalan bagi masa depan industri olahraga yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Kembali dimoderatori oleh Joanna MERCHIE, deretan pembicara top akan mengisi sesi ini yaitu Louis DUCRUET, President, MONACO E-SPORTS FEDERATION & BARBAGIUANS MONACO, Peter F. GONTHA, President Director, TRANSVISION, Muamar VEBRY, Co-Founder, NUSA GASTRONOMI.

Tentang Sportel Rendez-vous Bali 2024

Sportel, pameran konten olahraga terkemuka di dunia, telah berperan penting dalam industri penyiaran olahraga global selama tiga dekade. Kini, Sportel hadir menyapa pasar Asia Pasifik dengan acara “Sportel Rendez-vous Bali 2024”. Acara ini menampilkan pameran, talkshow, diskusi, dan pertemuan antara pemilik konten olahraga dengan operator televisi. Konferensi tahun ini akan dihadiri oleh 400 peserta dari 28 negara yang terdiri dari berbagai petinggi dalam industri olahraga terutama terkait dengan konten dan penyiaran. Beberapa nama yang sudah dikenal antara lain AVIA, BEIN Sports, FIFA, Fight Nation, FOX, NBA, Premier League, Serie A, Warner Bros Discovery. Selain dihadiri para pelaku industri olahraga Internasional, konferensi tahun ini juga akan dihadiri perwakilan dari industri penyiaran dan olahraga di Indonesia antara lain Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI), Bali United, Group EMTEK, Group MNC, Group Transmedia dan TVRI.

Sportel Rendez-vous Bali 2024 tidak hanya menyentuh ranah bisnis semata, namun juga memberikan perhatian khusus pada aspek kegiatan olahraga dengan menghadirkan Sportel Bali Golf Classic 2024 dan Sportel Bali Triathlon 2024 yang terbuka untuk partisipasi masyarakat umum.

Sportel Bali Golf Classic 2024 yang berlangsung pada tanggal 21 Februari 2024 di New Kuta Golf dan 22 Februari 2024 di Bali National Golf Club. Kompetisi ini telah mencapai kapasitas penuh sebulan sebelumnya dan diikuti oleh 150 pegolf yang diantaranya 7 peserta dari luar negeri serta 16 pegolf wanita. Dan sebagai respons terhadap minat yang semakin meningkat dari masyarakat terhadap olahraga triathlon yang dikenal mengutamakan kekuatan dan daya tahan, Sportel Rendez-vous Bali 2024 juga memasukkan triathlon sebagai salah satu cabang olahraga yang akan diadakan pada tanggal 25 Februari 2024 di Kawasan Jimbaran dan akan diikuti lebih dari 350 peserta dari dalam dan luar negeri.

Bali, dengan keindahan alamnya yang memukau dan keramahan penduduknya, menjadi tuan rumah yang sempurna untuk Sportel Rendez-vous Bali 2024. Sebagai destinasi pariwisata yang populer, Bali menawarkan suasana yang unik dan inspiratif bagi peserta acara untuk menjalin hubungan bisnis, berbagi wawasan, dan menikmati pengalaman tak terlupakan. Dengan menggabungkan kompetisi olahraga yang seru dengan konferensi industri yang inovatif, Sportel Rendez-vous Bali 2024 membawa semangat baru ke dunia olahraga di kawasan Asia Pasifik. W-011/rls

 Save as PDF

Next Post

Upaya Pelestarian Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali di Desa Nyuhtebel melalui Bulan Bahasa Bali VI

Kam Feb 22 , 2024
Melalui perayaan ini, generasi muda didorong untuk lebih mencintai dan memahami keunikan bahasa Bali serta menghargai perbedaan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat Bali yang multikultural.
BBB

Berita Lainnya