Sobean Mart Fasilitasi Pelaku UMKM Promosikan Produknya

(Last Updated On: )

SINGARAJA – fajarbali.com  I Produk-produk UMKM Buleleng mendapat perhatian khusus dalam hal memasarkan produknya. Berdasarkan konsep dan hasil diskusi bersama beberapa  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng  dan juga seijin dari Bapak Bupati Buleleng, maka dibentuklah ‘Sobean Mart’ untuk menampung segala jenis produk UMKM Buleleng.

Dikonfirmasi via telpon, Senin (4/4) kemarin Pengelola Sobean Mart Gede Subianta Eka Kresnawan mengatakan, Sobean Mart ini adalah wadah atau tempat bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. UMKM bisa menitipkan produknya dengan cara langsung datang ke Sobean Mart yang bertempat di kios RTH Bung Karno.”UMKM-UMKM di Buleleng kami berikan ruang untuk menitip produknya untuk kami jualkan secara online maupun ofline di Sobean Mart dengan sistem konsinyasi. Kalau laku baru kita dapat profit beberapa persen sesuai dengan kesepakatan dengan pelaku UMKMnya,”ucap Eka Subianta yang juga selaku Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Buleleng.

 Selain memberikan ruang, pelaku UMKM juga akan diberikan pendampingan terkait produk-produk yang perlu diberi sentuhan seperti bentuk kemasannya agar lebih bagus dan menarik sehingga bisa laku terjual.”Kami akan buat pendampingan juga biar bagaimana produknya itu yang belum bagus, bisa menjadi bagus dan yang belum laku banyak, bisa laku banyak. Kurang lebih seperti itu,”imbuhnya. Terkait pemasarannya, produk- produk UMKM akan dibedakan sesuai jenisnya. Untuk produk olahan pangan dan kriya atau fashion akan di pajang di kios yang berbeda. Kebetulan di RTH Bung Karno menggunakan dua kios di sana dengan sistem sewa. Begitu juga untuk penjualan onlinenya diantaranya melalui market place yang dibedakan sesuai jenis produknya. Sedangkan, untuk masalah ijin dan layak konsumsi dari produk itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kabupaten Buleleng untuk memfasilitasi agar produknya bisa memiliki ijin sehingga aman untuk dijual.”Kita tidak akan menyulitkan ya. Kita membuka ruang untuk UMKM bersama-sama, membenahi bersama dimana ada kekurangannya,”ujarnya.

 Lebih jauh dijelaskan, sejak dibuka seminggu yang lalu di RTH Bung Karno, progres perkembangan Sobean Mart ini direspon cukup bagus oleh masyarakat, terutama pada produk olahan pangannya. Karena pengunjung lebih banyak membeli makanan dan minuman. Tapi secara umum, pelaku UMKM sangat antusias dan semangat. Ditambahkan, pengelola bersama SKPD terkait, dalam perkembangan Sobean Mart ini akan terus dipantau dalam satu tahun ini. Jika dirasa progresnya bagus, maka untuk kedepannya akan ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Bahkan Sobean Mart akan membuka kios juga di rooftop Pasar Banyuasri nantinya. Gede Subianta  berharap, Sobean Mart ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku UMKM sebagai media promosi produknya baik melalui offline maupun online.”Semua UMKM Buleleng silahkan mampir, silahkan lihat dan jika tertarik bisa titipkan produknya disini untuk kami jualkan,”ajaknya. W – 008

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Buleleng Bahas Ranperda Penggunaan Tenaga Asing

Sen Apr 4 , 2022
(Last Updated On: )SINGARAJA – fajarbali.com I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buleleng, Senin (4/4) siang kemarin menggelar rapat dengan agenda pembahasan Ranperda Tentang Retrubusi Perpanjangan Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Dalam pembahasan Ranperda tersebut dilakukan oleh Pansus IV DPRD Kabupaten Buleleng yang melibatkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, serta […]

Berita Lainnya