Sinergi Astra Motor Bali, Polda Bali, dan Jasa Raharja Serukan #Cari_Aman

(Last Updated On: 28/11/2023)

Tim safety riding Astra Motor Bali sosialisasikan #Cari_Aman berkendara. (Foto: ist)

 

DENPASAR-fajarbali.com | Astra Motor Bali bersama Polda Bali dan Jasa Raharja saling bersinergi dengan melakukan sosialisasi aman berkendara dalam upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Astra Motor Bali, Polda Bali, dan Jasa Raharja akan keselamatan saat menggunakan kendaraan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri 150 tokoh adat serta melibatkan sejumlah perangkat Desa se-Kota Denpasar dengan mengambil lokasi di Prime Plaza Hotel & Suites Sanur, Bali.

Adapun pemaparan yang disampaikan team safety riding Instruktur Yosepth Klaudius meliputi, kecelakaan terjadi disebabkan beberapa faktor yang dimulai dari faktor yang paling dekat adalah diri sendiri, dimana kurang konsentrasi pada saat berkendara karena pengaruh kelelahan, mengantuk dll. Selanjutnya adalah kemampuan untuk memprediksi bahaya di jalan raya perlu memperhatikan situasi dijalan, lingkungan dan kondisi kendaraan dengan selalu waspada pada saat mendahului kendaraan lain.

“Kita wajib mengetahui titik blind spot, dimana kita tidak terlihat pengendara lain dan bahaya yang tidak terlihat secara langsung. Yang tidak kalah penting adalah melakukan perawatan berkala pada sepeda motor yang sering digunakan. Faktor penyebab kecelakaan lainnya juga dipengaruhi oleh lingkungan diantaranya kondisi jalan, kondisi cuaca yang berkabut atau hujan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi,” jelas Yosepth Klaudius.

Sementara itu dari pihak Polda Bali yang dihadiri Kasi Tatib Subdit Gakkum Ditlantas Polda Bali, AKP Ketut Mastra Budaya S.H.,M.H. menyebutkan, kecelakaan terjadi akibat dari ulah manusianya sendiri, untuk itu memperhatikan kondisi diri sendiri sebelum berkendara adalah hal yang penting dan mematuhi peraturan  berlalu lintas demi keselamatan kita bersama. “Di Bali sendiri angka kematian akibat kecelakaan di dominasi di area Denpasar, menyusul Gianyar, Tabanan, Singaraja, dan Karangasem,” ungkapnya.

Pemaparan selanjutnya dari Jasa Raharja, dimana dijelaskan jika terjadi kecelakaan pihaknya akan langsung mendatangi korban dengan sistem jemput bola dan asuransi akan segeran diproses secepatnya.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa edukasi safety riding untuk tokoh adat ini sekaligus mereminder dan bisa menjadi budaya dalam campaign #Cari_Aman. “Kami berharap seluruh masyarakat Bali akan teredukasi dengan baik tentang berkendara dengan kesadaran tinggi safety riding yang melibatkan tokoh adat. Sinergi kami bersama dengan Polda Bali dan Jasa Raharja harapannya akan lebih masif menyebarkan edukasi #Cari_Aman ke seluruh warga yang menggunakan sepeda motor Honda,” pungkas Iswahyudi. (rl/M-001)

 Save as PDF

Next Post

Kejati Bali “Bebaskan” Tersangka Kasus Fast Track dari Tahanan

Sel Nov 28 , 2023
“Selain itu penyidik juga mempertimbangkan adanya jaminan institusional tersebut bahwa tersangka HS tidak akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi tindak pidana sebagaimana permohonan penangguhan diatas,” jelas Eka Sabana. 
eka sabana kejati

Berita Lainnya