Semnas Abdimas UNR 2023 Diikuti Puluhan Perguruan Tinggi

Tema yang diusung, yakni “Melalui Pengabdian, Kita Kembangkan Potensi Kelompok Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Sosial dan Lingkungan Secara Berkelanjutan”.

(Last Updated On: )

Universitas Ngurah Rai (UNR), tuan rumah Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2023.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Universitas Ngurah Rai (UNR) bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Semnas Abdimas) 2023 bersama Co-Host Universitas Islam Al-Azhar dan Inisiatif Masyarakat Jurnal Indonesia (IMAJI) secara hybrid, pada Sabtu (25/2).

Tema yang diusung, yakni “Melalui Pengabdian, Kita Kembangkan Potensi Kelompok Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Sosial dan Lingkungan Secara Berkelanjutan”. Tema ini dipilih karena relevan dengan persoalan riil di tengah masyarakat.

Adapun topik kajian Semnas Abdimas tahun ini meliputi Sosial Humaniora, Sains dan Teknologi, Ekonomi kreatif, Lingkungan, Pengentasan Kemiskinan dan bidang relevan lainnya.

Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM., M. Hum., dalam sambutannya menyampaikan, semnas abdimas ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh UNR yang bersifat positif dan dapat mendukung para akademisi dalam mengaplikasikan ilmu kepada masyarakat untuk membantu mengembangkan potensi kelompok masyarakat dalam pemulihan ekonomi sosial dan lingkungan secara berkelanjutan.

“Seminar nasional dan Kuliah Aplikatif Terpadu (KAT) ini juga bertujuan untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah di bidang pengabdian kepada masyarakat, dosen maupun mahasiswa,” kata Tirka.

Tirka menegaskan, publikasi tidak hanya tuntutan bagi dosen, tapi juga ditujukan kepada mahasiswa, untuk menyebarluaskan informasi terkait bidang pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Pusat kajian (LPPMPK) UNR Yudistira Adnyana, SE, M.Si., menambahkan, Seminar Abdimas ini merupakan komitmen UNR dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Untuk mendapatkan informasi bagaimana tips lolos hibah kementerian, kami undang nara sumber berkompeten, yakni Prof. John Hendri, Ph.D,” jelas Yudistira.

KETUA LPPMPK UNR Yudistira Adnyana, SE, M.Si., memberi sambutan.

Menurut Yudistira, kegiatan ini merupakan publikasi atau penyebarluasan hasil penelitian kepada masyarakat yang dipresentasikan dalam bentuk seminar.

Selain ratusan Sivitas UNR, Semnas Abdimas ini diikuti juga oleh peserta dari Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Jenderal Achmad Yani, Universitas Halu Oleo, Politeknik Batulicin, STIE BIMA, Universitas Bengkulu, Universitas Brawijaya, Universitas Mercu Buana, Universitas Surabaya dan Institut Teknologi Nasional Bandung.

Tak hanya itu, dalam penyusunan proposal hibah, lanjut Yudistira, UNR juga bakal menjalin kerja sama dengan Universitas Lampung dalam bentuk pendampingan dalam wadah klinik proposal dalam penelitian atau pengabdian masyarakat. (Gde)

Next Post

Jalan Sehat Berhadiah Miliaran Rupiah Dibuka untuk Umum, Dapatkan Kupon Gratis!

Sel Feb 28 , 2023
“I Wayan Tagel Arjana mengajak seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Gianyar untuk mengikuti jalan sehat berhadiah”
I Wayan Tagel

Berita Lainnya