Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Desa Adat Pelaga Petang

MANGUPURA-fajarbali.com | Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Puseh, Desa Adat Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (10/6/2021).


Pada kesempatan itu Sekda Adi Arnawa turut ngayah melaksanakan prosesi Mendem Pedagingan di salah satu pelinggih didampingi Mangku Gede Pura Luhur Pucak Mangu. Upacara yang dipuput Ida Pedanda Griya Sidemen Gulingan Mengwi tersebut turut dihadiri oleh anggota DPRD Badung IB Alit Argapatra, IGAA Inda Trimafo Yudha, Ketua Tp. PKK Ny. Seniasih Giri Prasta, Kadisbud Gde Eka Sudarwita, MDA Badung AA Putu Sutarja, Camat Petang Wayan Darma beserta tokoh masyarakat Desa Pelaga.

Pada kesempatan itu, Sekda Adi Arnawa menyampaikan rasa bangga dan bahagia bisa hadir untuk ngaturang ayah dan sembah bakti kehadapan Ida betara yang berstana di Pura Puseh Desa Adat Pelaga.

“Kami mewakili Bapak Bupati Badung pada kesempatan ini merasa sangat senang bisa ikut ngaturang ayah dan sembah bakti kehadapan Ida betara yang melingga di Pura Puseh Desa Adat Pelaga,” ujarnya seraya berharap pelaksanaan karya Melaspas dan Mendem Pedagingan Medasar Caru RSI Gana tersebut bisa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan.

Baca juga :
Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Hari Kedua di Abiansemal, Wabup Suiasa Kagumi Antusias Masyarakat untuk Divaksin
Dibuka Secara Virtual Presiden Jokowi, Wabup Suiasa Hadiri Pembukaan PKB XLIII di Art Center Denpasar

Lebih lanjut disampaikan Adi Arnawa bahwa upacara melaspas bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan benda ataupun bangunan baru secara niskala sebelum digunakan dan dipakai untuk kegiatan adat agar berjalan lancar sebagaimana mestinya.

“Dalam menggelar upacara yadnya hendaknya masyarakat ikut ngrastitiang jagat supaya alam semesta beserta isinya memperoleh keselamatan, kedamaian dan keharmonisan dengan mengedepankan rasa segilik seguluk dan sebayantaka. Mari kita berdoa semoga Covid-19 ini cepat berlalu, sehingga masyarakat Desa Adat Pelaga memperoleh kedamaian kebahagiaan dan kelimpahan rezeki,” imbuhnya.

Sementara itu Bendesa Adat Pelaga Ketut Budayasa mengucapkan banyak terima kasih kepada Sekda Adi Arnawa yang mewakili Bupati Badung sudah hadir di tengah-tengah masyarakat pelaga serangkaian Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Puseh Desa Adat Pelaga. (put)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Sambangi Korban Kebakaran, Ketua PMI Buleleng Himbau Masyarakat lebih Waspada

Sen Jun 14 , 2021
SINGARAJA-fajarbali.com | Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra yang juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng menghimbau kepada seluruh masyarakat Buleleng agar lebih waspada saat meninggalkan rumah, dengan demikian kejadian seperti kebakaran rumah yang saat ini menimpa beberapa warga di kabupaten buleleng bisa dihindari.
BPD BALI