Satu Klik Untuk Wujudkan Impian

KoinWorks, Super Finansial App pertama di Indonesia, merayakan hari jadinya yang ke-6 sebagai penyedia solusi keuangan inovatif untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada 27 Agustus 2022.

Talkshow Koinworks
Talkshow Media Gathering KoinWorks. (foto: ist)

JAKARTA,fajarbali.com|KoinWorks, Super Finansial App pertama di Indonesia, merayakan hari jadinya yang ke-6 sebagai penyedia solusi keuangan inovatif untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada 27 Agustus 2022.

Dengan 2 juta pengguna, KoinWorks telah tumbuh secara signifikan dengan merealisasikan visinya untuk memberikan akses keuangan melalui teknologi bagi pemilik UMKM yang belum terlayani secara konvensional. KoinWorks mencapai kesuksesan awal dengan menyediakan produk pinjaman P2P. Saat ini,  KoinWorks telah memberdayakan penggunanya dengan menyediakan 8 produk keuangan inovatif yang memberikan layanan manajemen UMKM, pengembangan finansial pribadi, pinjaman pendidikan, dan produk salary advance.

Hingga saat ini, KoinWorks telah mendistribusikan pembiayaan dengan total Rp 13 triliun kepada UMKM di seluruh Indonesia. Dengan dana tersebut, UMKM telah berhasil mengembangkan usahanya dengan pendapatan rata-rata per bulan sebesar 70 juta rupiah.

Melihat perkembangan tersebut, CEO dan Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono, berharap semakin banyak UMKM yang terdorong untuk mengambil langkah dalam mencapai potensi terbaik mereka melalui KoinWorks sebagai financial partner.

“Ini juga merupakan bukti lebih lanjut bagi para lenders bahwa impact investing dengan KoinWorks berdampak positif, tidak hanya untuk keuntungan mereka tetapi juga berdampak pada perekonomian Indonesia. Pada momentum ulang tahun ke-6 KoinWorks, kami merayakan pertumbuhan kami ini dan tantangan yang dihadapi selama bertahun-tahun, di mana tantangan tersebut mendorong tim kami untuk mewujudkan impian ekosistem UMKM yang berkembang menjadi kenyataan,” ujarnya

Membangun ekosistem UMKM

UMKM menjadi pilar penting perekonomian Indonesia dengan kontribusi Produk Domestik Bruto mencapai lebih dari 61%. Namun, UMKM seringkali mengalami kendala untuk berkembang, yang paling umum adalah keterbatasan akses pembiayaan. Menurut Bank Indonesia, hanya 30% UMKM yang mengakses pembiayaan dari pinjaman bank dan non-bank. Melalui pengembangan produk fintech yang berkelanjutan, KoinWorks bermaksud untuk mengurangi kesenjangan dengan misinya untuk berkontribusi meningkatkan inklusi keuangan dan memberdayakan UMKM melalui permodalan.

“Motivasi utama kami mendirikan KoinWorks adalah untuk memberikan UMKM akses ke solusi keuangan yang diperlukan. Kami mempelajari berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, dan melihat bahwa ada kapasitas pertumbuhan yang terhambat. Adanya KoinWorks bertujuan untuk menyediakan apa yang belum mereka miliki sebelumnya,” kata Benedicto Haryono.

Memberikan solusi atas tantangan yang dihadapi oleh UMKM menjadi dasar pengembangan produk KoinWorks selama enam tahun terakhir. “KoinWorks dibuat agar financial tools yang membantu eskalasi bisnis dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Ketika UMKM mengajukan pembiayaan melalui KoinWorks, kami sepenuhnya membantu pengguna memahami setiap bagian dari prosesnya. Belajar adalah proses dua arah, sama seperti kami mengajari mereka apa yang penting untuk mengembangkan bisnis, kami mendengarkan kebutuhan mereka dengan cermat dan juga melihat faktor-faktor lain di luar kendali UMKM yang mendukung perkembangan mereka. Di sinilah terciptanya ekosistem yang sehat untuk UMKM. Jadi selain menghadirkan solusi keuangan untuk UMKM, KoinWorks memiliki added value karena pertumbuhan kami juga merupakan hasil dari membantu semua orang untuk sukses, melalui ekosistem UMKM yang kuat untuk semua,” tambah Benedicto.

Pemodal ventura termasuk yang pertama mempercayai dan berinvestasi dalam visi KoinWorks, setelah melihat ekosistem inklusif di mana bisnis menghasilkan dampak dan nilai. Sebagai pembuka tahun 2022, KoinWorks menerima putaran pendanaan seri C sebesar Rp 1,6 triliun. Sebagai pemanfaatannya, KoinWorks dapat menunjukkan kemampuannya yang melampaui penyediaan pembiayaan untuk UMKM, dengan merilis KoinWorks NEO, layanan keuangan terintegrasi untuk manajemen bisnis UMKM.

Inovasi hanya bernilai jika pengguna mendapatkan manfaatnya, dan dengan adanya pengusaha seperti Ridwan Mualik, KoinWorks memastikan berjalan di jalur yang tepat. Ridwan Mualik adalah pengguna KoinWorks yang menjalankan bisnis konveksi pakaian bernama Busana Kreasi Bangsa. Ridwan mengatakan bahwa KoinWorks membantu bisnisnya berkembang selama pandemi COVID-19. 

“Mengajukan pinjaman menggunakan KoinWorks sangat mudah, sehingga kami segera bisa melihat bisnis berkembang pesat terutama di hari-hari awal pandemi. Dengan pembiayaan yang diberikan, kami mampu meningkatkan produksi, dan menambah klien secara bersamaan. Saat ini, kami sudah memiliki 370 klien,” kata Ridwan.

Melalui produk KoinBisnis, Ridwan juga berkontribusi pada ekosistem UMKM dengan membuat program untuk UMKM yang fokus pada fashion di mana ia menyediakan bahan pakaian untuk proses produksi, dan konsultasi tentang tren terbaru dalam bisnis fashion. “Kami berkeinginan untuk terus kreatif dengan berbagi peluang dengan orang lain. Saya tidak menyangka bahwa dengan ide sederhana, saya bisa menarik puluhan UMKM di fashion yang sekarang mempercayakan kami untuk memulai usahanya,” tutup Ridwan.

Seiring pertumbuhannya, KoinWorks semakin konsisten dalam menyediakan layanan keuangan untuk segmen masyarakat yang belum terlayani oleh lembaga keuangan konvensional. KoinWorks memperkenalkan fitur baru dari produk personal KoinP2P, yaitu KoinP2P Grade S,  atau Grade Special. Bekerjasama dengan mitra terpercaya, KoinWorks menyalurkan pendanaan Grade S kepada para pekerja sektor informal seperti salesman, toko kelontong, dan pedagang grosir untuk membantu mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan sosial mereka. Melalui KoinP2P Grade S, KoinWorks menawarkan, “Lower Risk, Bigger Impact” kepada para pendananya. Dengan risiko lebih rendah, pendana dapat memberikan dampak sosial yang lebih besar.

Satu Klik untuk Wujudkan Impian

Di hari jadinya yang ke-6, KoinWorks menunjukkan komitmennya terhadap UMKM dengan kampanye “Satu Klik untuk Wujudkan Impian”. KoinWorks siap membantu seluruh pengguna dan masyarakat mencapai target keuangan mereka untuk mewujudkan impian finansial baik dalam bisnis maupun finansial pribadi. Impian tersebut bisa merupakan cita-cita yang sudah lama terpendam untuk mendirikan cafe, atau cita-cita untuk mendapatkan jaminan kesehatan, dana pensiun, atau dana pendidikan untuk anak-anak di masa depan. Semua itu bisa diwujudkan dengan satu klik di aplikasi KoinWorks.

Grace Hong, Chief Marketing Officer KoinWorks menyatakan, “KoinWorks mendorong para pengguna untuk mengejar apa yang mereka inginkan dengan menyediakan tools untuk mendapatkannya. Kami memahami bahwa membuat keputusan keuangan dapat terasa berat bagi kebanyakan orang, itulah sebabnya kami terus berinovasi untuk mendukung individu dalam mencapai tujuan mereka untuk kesejahteraan finansial. Baik dalam mengembangkan keterampilan seperti digital marketing, menumbuhkan aset pribadi mereka, atau memulai usaha dari awal, KoinWorks akan menjadi partner yang membantu mewujudkan impian tersebut”.

KoinWorks juga merayakan keberhasilannya dengan menjaring talenta yang kompeten di berbagai bidang untuk bergabung dengan startup yang sedang berkembang ini. Sebanyak 950 karyawan KoinWorks saat ini tersebar di Indonesia dan beberapa negara Asia, antara lain Singapura, Vietnam, dan India. Dengan sumber daya yang kuat, KoinWorks optimis dapat terus memberikan dampak, tidak hanya bagi penggunanya tetapi juga bagi seluruh UMKM di Indonesia. (dj)

kasturi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Unud Kirim 138 Outbound dan Terima 100 Mahasiswa Inbound pada Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri

Kam Sep 1 , 2022
Civitas Unud menyambut kedatangan 100 mahasiswa inbound (Foto: Dok. Unud)   MANGUPURA – fajarbali.com | Universitas Udayana (Unud) berpartisipasi aktif pada penyelenggaraan pertukaran mahasiswa dalam negeri dengan tajuk pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) 2 tahun 2022. Unud berhasil meloloskan 138 mahasiswanya untuk outbound atau keluar mengikuti PMM di berbagai universitas di […]
inbound Unud-ce5f2982