Sarjana Hukum Undiksha Berpeluang Jadi Diplomat

Selain itu, peluang kerja lainnya, ada di kementerian, lembaga pemerintahan, dan setiap perusahaan dipastikan menyediakan porsi bagi sarjana hukum.

 Save as PDF

Ni Putu Rai Yuliartini, SH., MH.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Program studi (Prodi) ilmu hukum, menjadi salah satu pilihan utama mahasiswa di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Prodi yang bernaung di bawah Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Undiksha ini, sejak didirikan 2014 lalu, mengalami progres yang positif. Contohnya, perolehan mahasiswa baru selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut Koorprodi Ilmu Hukum FHIS Undiksha Ni Putu Rai Yuliartini, SH., MH., selain iklim akademik yang sangat bagus, prospek lulusan sarjana hukum juga sangat besar di dunia kerja atau membuka jasa pelayanan hukum mandiri.

“Itulah bagi saya alasan mengapa di Undiksha atau di kampus lain, prodi ilmu hukumnya selalu mendapatkan mahasiswa yang stabil,” jelas Rai Yuliartini, dikonfirmasi dari Denpasar, Rabu (25/1).

Terbaru, kata Rai Yuliartini, lulusannya berpotensi menjadi diplomat atau staf diplomat karena pihaknya menyediakan pilihan kekhususan konsentrasi hukum internasional, melengkapi konsentrasi hukum perdata dan pidana. “Diplomat ini kan keren ya. Dari namanya aja udah keren,” katanya.

Setiap Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di berbagai negara, kata dia, tentu membuka peluang seleksi bagi sarjana hukum. Selain itu, peluang kerja lainnya, ada di kementerian, lembaga pemerintahan, dan setiap perusahaan dipastikan menyediakan porsi bagi sarjana hukum.

Sebab, di negara yang berdasarkan hukum, tentu setiap subyek di dalamnya tidak bisa lepas dari hukum itu sendiri, sehingga sarjana hukum bertugas mengkaji dokumen-dokumen penting di semua instansi dalam kapasitasnya sebagai staf legal.

Peluang lain yang sudah jelas linier dengan bidang keilmuan, lanjut Rai Yuliartini, seperti Prajurit Karir di TNI/Polri, Jaksa dan Hakim.

Dari sisi kewirausahaan, bisa mengembangkan berbagai jasa layanan hukum, apalagi Bali merupakan destinasi pariwisata dunia, tentu banyak orang asing yang membutuhkan jasa.

Untuk itu, pihaknya mengajak calon mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 tidak ragu bergabung ke FHIS Undiksha, khususnya Prodi Ilmu Hukum.

Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaran FHIS Undiksha Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, SH., LLM., menambahkan, kualitas FHIS secara umum meningkat pesat. Salah satu indikatornya dengan bertambahnya empat guru besar (profesor) dari fakultas tersebut.

Adapun nama dosen dari FHIS yang dikukuhkan bersama 13 guru besar lain belum lama ini, yakni Prof. Dr. Ida Bagus Made Astawa, M.Si., Prof. Dr. Drs.I Putu Sriartha, M.S., Prof. Dr. Drs. I Made Pageh, M.Hum. dan Prof. Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si.

Hal ini, kata Dewa Mangku, jelas membuktikan bagaimana kualitas akademik di FHIS. Pada kesempatan yang sama, Dewa Mangku juga mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., yang memenangi pemilihan Rektor Undiksha periode 2023-2027.

“Saya secara pribadi tentu mendukung pimpinan. Harapannya jelas, semoga beliau mampu membawa Undiksha lebih baik lagi,” tutup akademisi yang masuk 20 ilmuan terbaik Indonesia versi AD Scientific 2023 ini. W-009

 Save as PDF

Next Post

Nyabu, Wanita 52 Tahun Dituntut Jalani Rehabilitasi 10 Bulan

Rab Jan 25 , 2023
Terdakwa terbukti tanpa hak menyalahgunakan Narkotika bagi dirinya sendiri
WhatsApp Image 2023-01-25 at 21.05.19

Berita Lainnya