Sambut World Water Forum Ke-10, ITDC Gelar Apel Kesiapsiagaan di Kawasan The Nusa Dua

(Last Updated On: )
ITDC gelar apel kesiapsiagaan dalam rangka menyambut World Water Forum ke-10 di The Nusa Dua.

 

MANGUPURA-fajarbali.com | InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) menggelar apel kesiapsiagaan kawasan The Nusa Dua, menyambut World Water Forum ke-10, Jumat, (10/5) di kantor ITDC, The Nusa Dua. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan seluruh fungsi, termasuk kesiapan personil, materiil, dukungan pengamanan, dan utilitas lainnya, serta untuk menggambarkan kesiapan optimal kawasan ini dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan World Water Forum ke-10.

Apel kesiapsiagaan ini, dipimpin langsung oleh Direktur Operasi ITDC dan diikuti kurang lebih sebanyak 350 orang stakeholders ITDC di The Nusa Dua, antara lain PT PLN (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Tirta Artha Buana Mulia, Kepolisian Sektor Kuta Selatan, Komando Rayon Militer 1611-08/Kuta Selatan, Sat Polair Pos Polair Nusa Dua, Balawista Nusa Dua, Dinas Pemadam Kabupaten Badung, Chief Security Hotel dan Fasilitas Kawasan The Nusa Dua, Paguyuban Pedagang Pantai serta Koperasi Taxi Kawasan The Nusa Dua, Common Area, tim pengamanan serta pegawai ITDC.

”Kegiatan ini merupakan komitmen kami sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum ke-10, untuk menjamin keamanan, kesiapsiagaan, dan pelayanan optimal bagi para delegasi selama berlangsungnya forum ini. Sebagai pengelola kawasan The Nusa Dua, ITDC bertanggung jawab atas kesiapan seluruh fasilitas dan infrastruktur kawasan demi kesuksesan acara besar ini. Mari bersama-sama meningkatkan pelayanan dan kolaborasi, berinovasi, dan bertindak dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi masing-masing di kawasan ini,” jelas Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka.

Tidak hanya menjadi tuan rumah untuk pertemuan dan acara penting, selaku pengelola kawasan The Nusa Dua, ITDC juga berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan dengan menyediakan infrastruktur pengisian kendaraan listrik yang memadai, bekerjasama dengan  PT PLN (Persero).

Terdapat 29 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai lokasi di kawasan The Nusa Dua, diantaranya 4 unit SPKLU Ultra Fast Charging (UFC) 200 kW dan 1 unit Slow Charging (SC) di Central Parkir ITDC, 4 unit SPKLU UFC, 2 SPKLU UFC Mobile 200 kW serta 20 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) Gen 2 di Central Parkir II, 8 unit SPKLU di BNDCC, 10 unit SPKLU di The Westin Resort Nusa Dua Bali. Shelter SPKLU dan SPLU ini menandai langkah menuju mobilitas berkelanjutan yang akan menjadi lokasi pengisian daya untuk kendaraan listrik, yang akan digunakan saat World Water Forum ke-10 mendatang.

“Sejumlah 313 unit kendaraan listrik yang akan digunakan oleh para delegasi, telah tiba pada Kamis, 9 Mei 2024, diantaranya BMW i7 sejumlah 15 unit, BMW i5 sejumlah 36 unit, Ionic 6 sejumlah 36 unit, Ionic 5 sejumlah 50  unit, BZ4X sejumlah 130 unit serta Wuling sejumlah 46 unit,” imbuh Troy.

Selain itu, The Nusa Dua sebagai kawasan pariwisata kelas dunia, yang dilengkapi dengan fasilitas MICE terkemuka, juga didukung dengan jaringan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) terintegrasi, untuk meningkatkan pelayanan bagi pelaku wisata. Sistem keamanan yang teruji juga telah disiapkan, dengan personel keamanan, CCTV, dan pos-pos pengamanan yang beroperasi 24 jam, meliputi petugas keamanan dengan 93 personil, pos komando di Command Center, 2 unit fire brigade dengan 23 personil, serta CCTV sebanyak 143 unit yang tersebar di 39 titik kawasan The Nusa Dua. Terdapat 3 pos Balawista di Beachfront Hotel, 3 Pintu Masuk Security Check dan bantuan pengamanan dari TNI/Polri serta Pecalang dari Desa Adat sekitar kawasan.

Selama penyelenggaraan World Water Forum ke-10 ini, pengamanan dan pemeriksaan menuju kawasan The Nusa Dua, tetap dilakukan di pintu-pintu masuk kawasan sesuai dengan standar pengamanan VVIP. Pengamanan venue setingkat VVIP atau Ring 1 hanya diberlakukan di BICC, The Westin Resort Nusa Dua, Bali sebagai venue utama serta hotel-hotel yang menjadi lokasi akomodasi Head of Delegates (HOD). Sedangkan untuk operasional dalam kawasan The Nusa Dua, tetap berjalan seperti biasa. Pemeriksaan maksimum atau optimal, tetap dilakukan di pintu-pintu masuk kawasan The Nusa Dua oleh satuan keamanan.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas partisipasi, serta kerjasama seluruh pihak yang terlibat dalam menjadikan kawasan ini lebih siap dalam menyambut penyelenggaraan World Water Forum ke-10. Momentum ini menjadi inspirasi, dan bersama kita bisa menciptakan perubahan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. Kami yakin bahwa penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di The Nusa Dua, akan memberikan dampak positif bagi Bali khususnya, dan upaya Indonesia dalam menjaga dan merawat sumber daya alam “air” sebagai bagian dari sumber kehidupan, sekaligus untuk memperkenalkan dan promosi keragaman budaya dan pariwisata Bali khususnya. Sebagai pengelola kawasan The Nusa Dua, kami berharap bahwa okupansi kawasan dapat meningkat pada periode Mei ini, dan kesuksesan World Water Forum ke-10, semakin mengukuhkan The Nusa Dua sebagai destinasi “Bali’s Finest Family-Friendly Resort Haven” yang memiliki fasilitas MICE unggulan di Indonesia,” tutup Troy. (M-001)

 Save as PDF

Next Post

Ingin Touring Aman? Ini Tips Safety Riding Agar Selamat Sampai Tujuan

Sab Mei 11 , 2024
Dibaca: 792 (Last Updated On: ) Para jurnalis dan blogger melakukan touring dengan menggunakan New Honda Stylo 160.   DENPASAR-fajarbali.com | Touring merupakan salah satu kegiataan yang disenangi oleh para biker, jurnalis maupun blogger yang membidangi otomotif untuk mengunjungi suatu tempat yang jauh menggunakan kendaraan motor kesayangannya. Oleh karena itu, […]
touring

Berita Lainnya