Rekor! Unmas Denpasar PTS Pertama di Bali-NTB Kantongi Akreditasi Unggul

Bagi perguruan tinggi yang terakreditasi unggul, lanjut Bagus Eratodi, akan mendapatkan beberapa fasilitasi kebijakan dari berbagai aspek

(Last Updated On: )

FOTO: Rektor Unmas Denpasar Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd., dan jajaran menerima visitasi asesor BAN PT.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, berhasil memecahkan rekor sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang meraih peringkat Akreditasi Unggul atau A, di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) VIII Bali-NTB.

Kepala LLdikti VIII Dr. Ir. IGL Bagus Eratodi, ST., MT., IPU., ASEAN. Eng., APEC. Eng., di Denpasar, Rabu (12/6), menjelaskan, di dua provinsi binaannya, terdapat 104 PTS, dengan rincian Bali 51 PTS dan NTB 53 PTS.

“Hari ini (kemarin-red) 12 Juni 2024, merupakan hari spesial karena satu PTS di wilayah LLDikti VIII pecah telur. Unmas berhasil meraih peringkat Akreditasi Unggul yang merupakan peringkat tertinggi,” kata Bagus Eratodi.

Untuk sementara, Unmas Denpasar menjadi satu-satunya PTS di Bali dan NTB yang terakreditasi Unggul. Sementara yang terakreditasi Baik Sekali atau B sejumlah 18 PTS. Di bawah itu masih terakreditasi Baik atau C.

Tercatat pula ada tujuh PTS yang belum terakreditasi karena sejumlah hal.  Dengan rincian satu PTS dalam tahap merger (gabung), tiga PTS dalam proses percepatan dan empat sudah mengunggah Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

SAPTO adalah sistem yang diselenggarakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online. Dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi.

Bagi perguruan tinggi yang terakreditasi unggul, lanjut Bagus Eratodi, akan mendapatkan beberapa fasilitasi kebijakan dari berbagai aspek.

Salah satu fasilitasi dari aspek kelembagaan adalah pembukaan program studi melalui kerja sama yang dapat diselenggarakan dengan organisasi atau lembaga antara lain bagi perusahaan multinasional, perusahaan teknologi global, perusahaan startup teknologi, organisasi nirlaba kelas dunia, institusi/organisasi multilateral.

Selanjutnya dengan perguruan tinggi yang termasuk dalam peringkat 100 terbaik dunia, atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Akan banyak bonus yang didapatkan perguruan tinggi yang terakreditasi unggul. Sekali lagi kami ucapkan selamat untuk Unmas,” ujarnya, sembari mengucap “Salam Melati Kutus”, kepanjangan dari Melayani dengan Sepenuh Hati, Kuat dan Tulus, sebagai Motto LLDikti VIII.

Foto : Kepala LLDikti VIII Dr. Ir. IGL Bagus Eratodi, ST., MT., IPU., ASEAN. Eng., APEC. Eng., berjabat tangan dengan Rektor Unmas Denpasar Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd., pada suatu kesempatan.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor Unmas Denpasar Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd., membenarkan pihaknya telah menerima SK penetapan akreditasi unggul tertanggal 12 Juni 2024 yang berlaku lima tahun ke depan.

Sukamerta yang ketika dihubungi sedang berkegitan di Tiongkok, tak menampik jika seluruh Sivitas Akademika Unmas diselimuti kebanggaan dan kebahagiaan. Namun demikian, rektor mengingatkan jajarannya untuk tidak larut berlama-lama dalam euforia.

Sebab menurut rektor, akreditasi unggul berbanding lurus dengan beban yang harus dilakukan. Semua aspek di internal wajib bekerja keras, terutama meningkatkan akreditasi sejumlah program studi yang terakreditasi unggul menuju akreditasi internasional.

“Kami akan bekerja keras meningkatkan kualitas SDM, kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk laboratorium, karena kami memiliki Fakultas Kedokteran, Kesehatan dan Farmasi,” pungkas Sukamerta, sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi atas capaian prestisius tersebut. (Gde)

Next Post

Market Share dan Respon Masyarakat Tinggi, “ Festival Sharp Magonote “ Hadir di Buleleng, Bagi Hadiah Setiap Pembelian Produk Sharp

Kam Jun 13 , 2024
(Last Updated On: ) Berlangsung meriah Pelaksanaan Festival Sharp Mogonote digelar di area parkir Pasar Banyuasri, Singaraja,  Rabu (13/6/2024) SINGARAJA – fajarbali.com |Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Buleleng yang akan melakukan pembelian produk Sharp, dimana konsumen akan mendapatkan hadiah langsung produk Sharp itu sendiri. Hal itu diungkapkan Branch Manager PT […]
IMG-20240613-WA0011

Berita Lainnya