Red Notice, Bule Ceko Dan Slovakia Diserahkan ke Interpol

Dilaporkan Oleh National Central Bureau Interpol Prague Republik Ceko.

(Last Updated On: )

RED NOTICE-Dua bule asal Ceko Stevan Durina dan Slovakia Cyril Stiak buronan interpol. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Bule asal Ceko, Cyril Stiak, dan Slovakia, Stevan Durina yang sebelumnya ditangkap karena “red notice” (buronan) interpol segera diserahkan ke negaranya masing-masing untuk diadili. Hal ini dikatakan Kabagjatinter Set NCB Interpol Indonesia Hubungan International (Hubinter) Polri Kombespol Tommy Aria Dwianto saat beberkan kasus penangkapan di mapolda Bali, Selasa 13 Desember 2022. 
 
Didampingi Kabidhumas Polda Bali Kombespol Satake Bayu, Kombes Tommy menjelaskan, pihaknya menerima surat permohonan dari National Central Bureau (NCB) Interpol Prague Republik Ceko untuk membantu mencari subjek red notice atas nama Cyril Stiak dan Stevan Durina, pada tahun 2020. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Polda Bali dan Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI karena diketahui kedua subjek itu bersembunyi di Bali. 
 
“Hasil pengecekan data perlintasan dan KITAS/KITAP, Cyril Stiak sudah memasuki wilayah Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 14 Juni 2019. Sedangkan, Stefan Durina memasuki wilayah Indonesia pada 20 Oktober 2019” bebernya. 
 
Dikatakanya, untuk Stefan Durina, ia telah keluar masuk wilayah Indonesia sebanyak 8 kali dan tercatat terakhir masuk kembali ke Indonesia pada 14 Maret 2020 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 
 
Setelah berkoordinasi dengan Polsek Kuta Utara, keberadaan Stefan Durina akhirnya terlacak tinggal di Villa Beni di Jalan Munduk Kedungu, Tibubeneng, Kuta Utara Badung, pada 29 November 2022. Ia kemudian ditangkap atas kerjasama dengan pihak petugas keamanan setempat, pada 1 Desember 2022 sekira pukul 07.00 wita. 
 
Selain itu Hubinter juga berkoordinasi dengan Polsek Kuta Selatan dan berhasil mengetahui keberadaan Cyril Stiak tinggal di Vila Kusuma Cliff di kawasan Kuta Selatan, pada 30 November 2022. Tak butuh lama, Polisi menemukan rumah yang ditinggali dan langsung menangkap Cyril Stiak. “Keduanya kemudian dilimpahkan penanganan sementara ke Polda Bali,” beber Kombes Tommy. 
 
Dijelaskanya lagi, saat ini pemerintah Ceko dan Slovakia meminta NCB Interpol Mabes Polri dilakukan hand over (penyerahan) Stefan Durina dan Cyril Stiak yang menjadi tersangka di negaranya karena menggelapkan pajak agar bisa diadili. 
 
Untuk itu, pihaknya akan bekerjasama dengan imigrasi untuk melaksanakan proses ini. “Keduanya terlibat kasus perpajakan di negaranya masing-masing. Keduanya akan kami serahkan ke interpol untuk dibawa ke negaranya,” pungkasnya. R-005 

Next Post

Rayakan Album Perdananya, Nadin Amizah Gelar Konser Selamat Ulang Tahun

Sel Des 13 , 2022
Nadin Amizah kembali merayakan album perdananya dengan mempersembahkan Konser Selamat Ulang Tahun berkolaborasi dengan IM3 Collabonation di akhir tahun 2022 ini.

Berita Lainnya