Ratusan Warga Binaan Di Lapas Karangasem Mendapat Remisi, Komunitas Photografer Berbagi Nasi Bungkus

AMLAPURA-fajarbali.com | Moment peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun menjadi sangat istimewa bagi para penghuni warga binaan di Lapas Kelas IIB Karangasem. Pasalnya, bertepatan dengan peringatan itu ratusan warga binaan yang masih menjalani masa hukumanya mendapatkan remisi dari pemerintah. Selain pemberian remisi, moment Peringatan HUT RI ini juga dipakai komunitas Photografer Karangasem untuk menggelar bakti social dengan masyarakat,pada Selasa (17/8/2021) kemarin.


Kepala Lapas Kelas II B Karangasem, Jaka Prihatin, mengungkapkan,pemberian remisi ini diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan. Pemberian remisi, ucapnya, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999, Keputusan Presiden Nomor 120 Tahun 1955 tentang pengurangan hukuman istimewa pada Hari Dasawarsa Proklamasi Kemerdeka RI.

“Yang mendapatkan remisi yakni narapidana dan anak pidana yang memenuhi persyaratan,” ucapnya. 

Untuk tahun ini, sebut Jaka Prihatin, totalnya ada 114 warga binaan dari jumlah 200 warga binaan di Lapas Kelas II B Karangasem yang mendapatkan remisi di Hari Kemerdekaan RI. Mereka terdiri dari  warga binaan Laki-laki sebanyak 111 Orang, dan Perempuan 3 Orang. pemberian remisi berupa pengurangan masa tahanan mulai dari satu bulan sebanyak 28 orang, dua  bulan (16 orang), tiga Bulan (43 orang), 4 Bulan (12 orang), dan 5 Bulan (14 orang).

Baca juga :
Akhirnya, AdaTempat Isolasi Terpusat di Nusa Penida
Disperindag Bakal Lakukan Pemeliharaan Empat Pasar Tradisional

Sementara itu, moment Perayaan  Hari Kemerdekaan Ri ke-76 di Karangasem juga dipergunakan oleh Komunitas Photografer Karangasem untuk menggelar bakti  social dengan membagikan nasi bungkus kepada masyarakat. Perayaan dengan berbagai kesesama di tengah pandemi ini  di pusatkan di tugu Pahlawan Ciung Wanara Amlapura.

“Momen hari kemerdekaan  ini kita pakai untuk kegiatan social, kita juga libatkan delapan model untuk membagikan nasi bungkus kepada warga,” ujar Ketua Komunitas Photografer Karangasem Edy Gautama.

Selain memperingati hari kemerdekaan, bakti social dengan membagikan nasi bungkus juga tindak lanjut dari kepengurusan baru Komonitas Photografer Karangasem yang digelar beberapa waktu lalu. Edy Gautama juga berharap,bantuan kecil yang disalurkan itu bisa menjadi penyemangat masyarakat dalam menghadapi  pandemi saat ini.

“Kedepan bantuan beraupa sembako  kita akan sasar para lansia kurang mampu  dan benar-benar terdampak dari situasi sulit ini,” ujar Edy Gautama yang didampingi Nyoman Butur, Wayan Alika,  Gusti Ngurah Atmaja, I Gusti Putu Parwata, dan I Made Hadi Susila. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Di RSUD Klungkung, Kamar Jenazah Nyaris Penuh

Jum Agu 20 , 2021
Klungkung- fajarbali.com | Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang rupanya tak menghambat pelaksanaan upacara keagamaan salah satunya pangabenan.