Rangsang Pendapatan IKM, PKB Diharapkan Lebih Dipromosikan

Denpasar-fajarbali.com | Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-43 tak hanya menampilkan pergelaran seni dari berbagai kabupaten/kota di Bali, magnet lain dari PKB tahun 2021 ini adalah galeri pameran dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).


Bahkan dari pantauan awak Fajar Bali di lokasi, masyarakat yang dandang ke ajang PKB mayoritas memilih untuk langsung mendatangi stand pameran maupun kuliner yang ada di areal Taman Budaya Provinsi Bali. Kondisi ini tentu menjadi angin segar bagi sejumlah IKM yang sempat ‘mati suri’ selama pandemi Covid-19.

Salah satu pengusaha dibidang fashion sekaligus owner Butik Jepun, Ni Putu Antari Ekayanti saat ditemui, Kamis (1/7/2021) mengaku, bahwa PKB mampu merangsang geliat IKM meski tengah mengalami kelesuan akibat dampak pandemi. Meski demikian, pandemi bukan menjadi penghambat untuk terus berkarya dan berinovasi. Hal itu dibuktikan dari kualitas dan kuantitas penjualan di gerai Butik Jepun yang mulai meningkat.

Baca Juga :
Berenang, Kusnaidi Selamatkan Dua Penumpang KMP Yunicee
Mendekati Kadaluwarsa, Diskes ‘Lembur’ Habiskan Stok Vaksin Astrazeneca

“Kami sempat kurangi stok dan mengutamakan kualitas produk sesuai dengan keinginan pelanggan. Alhasil produk fashion kami cukup diminati, seperti pakaian bordir maupun berpayet. Angka penjualan bisa mencapai 2 hingga 8 pcs per hari. Meski tak sebanyak saat sebelum adanya pandemi, namun, kami cukup bersyukur di tengah lesunya daya beli masyarakat, ternyata ada sebagian orang yang masih berkeinginan untuk mendapatkan produk fashion melalui ajang PKB,” ungkapnya.

Menurut Ekayanti, meski daya beli masyarakat menurun, namun untuk kaum hawa ternyata masih ada yang tetap ingin tampil stylish dan mampu mengkatrol penjualan. “Dari semua produk yang saya pamerkan di PKB, yang paling laku itu bordir, sebagian lagi ada brokat berpayet dan endek. Kebanyakan yang dibeli adalah baju untuk ke kantor dan baju ke Pura,” tuturnya.

Walaupun merasa puas dari sisi penjualan, Ekayanti tetap memiliki masukan kepada panitia Pesta Kesenian Bali. Salah satunya soal promosi untuk menarik animo lebih banyak pengunjung. Di masa pandemi Covid-19, ia juga meminta panitia menyediakan platform digital bagi IKM bagi peserta PKB dalam promosi dan penjualan produk.

“Dengan PKB di masa pandemi ini, mungkin promosinya ke masyarakat perlu ditingkatkan. Jadi makin banyak masyarakat yang tahu, bahwa di pandemi pun PKB masih diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, pameran-pameran juga tetap terselenggara dengan berbagai jenis produk dan kuliner. Kedepannya, kita mau PKB harus lebih baik lagi,” harapnya. (dha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kabupaten Gianyar Tuntaskan Vaksinasi Tahap I

Ming Jul 4 , 2021
GIANYAR-fajarbali.com | Kabupaten Gianyar per 1 Juli 2021 ini telah menuntaskan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Vaksinasi diselenggarakan berbasis banjar, dengan jumlah banjar 556, di 70 desa dengan cakupan vaksinasi kepada 281.673 warga berumur di atas 18 tahun.