Profil Jebolan SMK Pandawa Bali Global: Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha

(Last Updated On: )

SMK Pandawa Bali Global menggelar Wisuda purna siswa ke-49 bertempat di Hotel Vasini Denpasar, Rabu (10/5).

 

DENPASAR – fajarbali.comSMK Pandawa Bali Global menggelar Wisuda purna siswa ke-49 yang diikuti puluhan siswa dari tiga program keahlian; tata boga, akomodasi perhotelan, dan akuntansi keuangan dan lembaga, bertempat di Hotel Vasini, Denpasar, Rabu (10/5).

Kepala SMK Pandawa Bali Global Hery Nugroho, SPd. MPd., mengungkapkan, setelah lulus, eks anak-anak didiknya itu telah menentukan langkah secara bervariasi, sesuai visi SMK, yakni Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha (BMW).

“Mereka (lulusan-red) telah kami cek, ada yang langsung bekerja, melanjutkan ke perguruan tinggi dan berwirausaha,” jelas Hery.

Dia melanjutkan, wisuda kali ini mengusung tema “Cakap dalam Kompetensi, Siap Berkompetisi, Meraih Mimpi”, diikuti oleh tiga kelas dengan kompetensi keahlian tata boga, akomodasi perhotelan, dan akuntansi keuangan dan lembaga yang ditetapkan lulus 100% dalam sidang pleno kelulusan 3 Mei 2023.

Kelulusan ini disambut dengan suka cita dan diungkapkan dengan penuh rasa syukur melalui sembahyang bersama di Pura Ulun Danu Batur Kintamani dan Pura Besakih.

“Sembahyang bersama yang kami lakukan bertepatan dengan pengumuman kelulusan SMK secara serempak adalah bagian dari penguatan pilar pendidikan karakter yang kami tanamkan kepada seluruh peserta didik sebagai manifestasi motto SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, yakni “Unggul, Kompetitif dan Berkarakter”,” ungkapnya.

Hery menambahkan motto ini perlahan tapi pasti mulai ditapaki sebagai panduan dalam menyusuri jalan panjang menuju kemajuan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal.

Dimulai dengan diraihnya tiga medali emas dari cabang olahraga judo dalam Porjar Kabupaten Badung dan akan mewakili Badung dalam Porjar Provinsi Bali, dan dilanjutkan dengan diluncurkannya SMK Pandawa Bali Global Abiansemal sebagai SMK Siap Kerja oleh Disprinaker Kab. Badung pada tangal 29 September 2022.

“Dan 2 siswa kami saat ini sedang melaksanakan praktik kerja Industri di Rus Animation SMK Raden Umar Said Kudus di bawah binaan Djarum Foundation selama 6 bulan,” tambahnya.

Dijelaskan bahwa 3 peserta didik kelas XII yang sudah diwisuda telah menentukan masa depannya dengan mendaftar sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi IT terbaik di Bali Nusra yakni ITB STIKOM Bali Direktorat Kampus Abiansemal, sebuah pilihan yang sangat membanggakan bagi keluarga besar SMK Pandawa Bali Global Abiansemal.

Kepada siswa yang telah tamat diharapkan semoga sukses mengejar mimpi-mimpinya. “Jangan pernah takut bermimpi karena dari mimpi kita terbangun dan sadar bahwa esok pagi jalan hidup akan kembali kita tapaki,” pesannya.

Hery menjelaskan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal semakin bertumbuh dan berkembang ditandai dengan capaian PPDB di tahun 2022 yang berhasil menduduki urutan pertama jumlah peserta didik baru terbanyak untuk SMK swasta Kecamatan Abiansemal dan urutan ke-9 SMK swasta di Badung.

Terkait PPDB tahun 2023 sampai tanggal 9 Mei 2023 sejumlah 147 calon peserta didik baru sudah mendaftar di SMK Pandawa Bali Global Abiansemal.

Sementara Ketua Yayasan Widya Dharma Santi IB Dharmadiaksa yang mewakili Pembina Prof. Dr. I Made Bandem mengingatkan kalau ingin sukses jangan jadi manusia rata-rata tapi harus di atas rata rata, di atas kemampuan yang lain.

Ia berharap SMK Pandawa Bali Global terus berinovasi, bisa tambah jurusan seperti otomotif, apalagi sekarang ini lagi dikembangkan kendaraan listrik.

Kompetisi tambah Dharmadiaksa sangat penting untuk meningkatkan semangat berinovasi. Agar eksis harus di atas kemampuan. “Kalau ingin banyak uang jangan digaji orang, tapi bagaimana bisa gaji orang sehingga penghasilan bisa lebih banyak. Di zaman sekarang ini bukan yang besar menang, tapi yang cepat jadi pemenang,” pungkas dia. (Gde)

Next Post

Pemerintah Pusat Atensi Pembongkaran Tower Telekomunikasi di Badung

Kam Mei 11 , 2023
(Last Updated On: )DENPASAR-fajarbali.com-Pembongkoran tower di Kabupaten Badung, Bali mendapat respons dari pemerintah Pusat. Berdasarkan berita rilis yang diterima, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons surat yang dilayangkan Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi (Aspimtel) terkait pembongkaran 48 menara telekomunikasi dan atau Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Badung, Provinsi Bali sejak […]
Pembongkaran Tower di Badung MendaPolhukam Atensi Bongkar Tower Massal di Badung

Berita Lainnya