Prestasi Nasional SMAN 3 Denpasar; Terbaik Ajang OPSI, Penelitian Lolos di BRIN

“Penelitiannya Lolos di BRIN dan Torehkan Peringkat Terbaik pada OPSI 2022”

(Last Updated On: )

 

(Kiri-kanan) Guru Pembimbing Ni Made Rai Rahayu, Lakshmi, Sahya, Widya dan Kepala SMAN 3 Denpasar Dwi Rustinawati, di SMAN 3 Denpasar, Jumat (9/12).

 

DENPASAR – fajarbali.com | SMA Negeri 3 Denpasar (Trisma) mengirimkan perwakilan siswa-siswinya untuk mewakili sekolah dalam ajang nasional, yakni dua kompetisi nasional yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada 26-31 Oktober 2022 di Bogor, Jawa Barat serta Olimpiade Penelitian Sains Indonesia (OPSI) oleh Puspresnas Kemendikbud 21-26 November 2022 secara daring.

Pada ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-54 oleh BRIN, Gusti Ayu Putu Widya Pratiwi dan Ni Kadek Lakshmi Amrithalinggam Putrinata berhasil meraih posisi runner up dan meraih medali perak dengan karya ilmiahnya yang berjudul “Pengaruh Variasi Suhu dan Konsentrasi Katalis Cangkang Karang dalam Reaksi Transesterifikasi Pembuatan Antitoum Agent dalam Limbah Minyak Jelantah”.

“Rata-rata persiapan penelitian kami sekitar 2 bulan. Dibimbing oleh Guru Pembimbing Ibu Made Rai Rahayu, SPd, MSi. Kami bersyukur dan bangga, karena karya kami bisa meraih emas dalam kompetisi nasional yang diikuti siswa-siswi se-Indonesia,” ujar Lakshmi saat ditemui di SMAN 3 Denpasar, Jumat (9/12/2022).

Sementara dalam OPSI 2022, tim SMAN 3 Denpasar meraih medali emas dan  perak. Emas diraih oleh tim Gusti Ayu Putu Widya Pratiwi (Kelas XII MIPA 1)  dan Ni Kadek Lakshmi Amrithalinggam Putrinata (kelas XII MIPA 2) untuk bidang Matematika Sains dan Terapan (MST).

Ni Kadek Lakshmi Amrithalinggam Putrinata dan Gusti Ayu Putu Widya Pratiwi.


Duet Widya dan Lakshmi menjadi yang terbaik lewat karya berjudul: “Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Tulang Ikan Gurami dalam Sediaan Patch Transdermal sebagai Antiinflamasi Penyembuhan Luka Bakar dengan Penambahan Kolagen dari Sisik Ikan Gurami”.

Sedangkan medali perak diraih tim dari bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH) yakni Ni Kadek Cahyani Krisna Dewi dan Ni Wayan Sahya Pavita Nariswari P.Y.

Karya yang membawa keduanya meraih perak berjudul: “Analisis Pengaruh Etnomatematika Dengan Media Jejahitan Bali Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri Bangun Datar”.

Kepala SMAN 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati, S.Pd, M.Pd merasa berbangga dan mengapresiasi para siswa-siswinya yang berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional ini.

Menurutnya ini sekaligus menjadi tantangan terkini pihaknya untuk tetap menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan agar selalu konsisten dalam melahirkan insan muda kreatif dan inovatif, baik itu tingkat daerah maupun nasional.

“Tentu ini menjadi prestasi membanggakan kami setelah masa Covid-19. Dan kami akan terus berusaha meningkatkan SDM dan fasilitas bagi anak didik kami. Sehingga, mutu pendidikan dan prestasi siswa-siswi kami tetap terjaga,” kata Dwi Rustinawati.

Pihaknya berharap, kedepan semakin banyak anak didiknya yang berprestasi sehingga bisa mengharumkan nama baik sekolah, tidak hanya bidang penelitian, tetapi juga bidang lain baik itu bidang seni, olahraga maupun akademik dan non akademik lainnya.

“Harapannya anak itu tidak hanya cerdas secara intelektual, namun juga agar bisa mempunyai daya jual, sikap kompetitif, dan selalu berinovasi dalam bidang akademik maupun non akademik” pungkasnya. (rl/gde)

Next Post

Level 21 Mall Bali Gelar Christmas Tree Lighting Ceremony dan Berbagi Kebahagiaan Bersama YPAC Bali

Ming Des 11 , 2022
(Last Updated On: )Christmas Tree Lighting Ceremony di Level 21 Mall Bali bersama YPAC Bali (Foto : ist).   DENPASAR-fajarbali.com | Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, Level 21 Mall Bali menggelar Christmas Tree Lighting Ceremony bersama Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Bali bertempat di Main Atrium Level 21 Mall Bali, […]
level 21 Mall-2aa9dbf6

Berita Lainnya