Pohon Tumbang dan Longsor Awali Tahun Baru di Gianyar

GIANYAR-fajarbali.com | Mengawali Tahun 2018 khususnya di Kabupaten Gianyar, di beberapa titik terjadi longsor dan pohon tumbang. Seperti yang terjadi Selasa (2/1/2018) pagi, pohon sejenis Ancak tumbang dan menutupi seluruh badan jalan. Pohon tumbang ini di ruas jalan Banjar Jasan, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang. Pohon tumbang ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun menutup akses dari Banjar Jasan ke Banjar Timbul.

Kepala BPBD Gianyar, AA Oka Digjaya menyebutkan pohon tumbang tersebut terjadi karena derasnya hujan pada Senin, 1 Januari malam dan kondisi tanah juga sangat labil. Tumbangnya pohon tersebut sekitar pukul 07.25 Wita dan langsung diinformasikan oleh Perbekel Sebatu, Wayan Pasek. “Begitu mendapat laporan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gianyar langsung menuju lokasi untuk evakuasi,” jelas AA Oka Digjaya.

Dikatakannya lagi, selain dikerjakan oleh TRC Gianyar, evakuasi juga dibantu Danramil 1616/06 Tegalalang, Prajuru Pura Kawitan Pande Sari, Jasan dan warga setempat. Dijelaskannya, karena pohon tumbang tersebut juga menimpa pohon lainnya, maka banyak pohon yang mesti dipotong, selain pohon tersebut juga berdiameter 1 meter, sehingga memerlukan waktu untuk evakuasi. “Sekitar pukul 12.10 Wita, keseluruhan pohon sudah dievakuasi dan jalan kembali normal,” terangnya.

Sebelumnya, pada Senin (1/1) lalu di Banjar Tegalalang terjadi tanah longsor. Longsoran ini menutup akses dari Banjar Tegalalang menuju Banjar Cebok, sekitar pukul 16.14 Wita. Tim TRC dengan peralatan lengkap menuju lokasi membersihkan material longsoran dan sekitar pukul 20.35 Wita, longsoran material sudah dibersihkan.

Kepala BPBD Gianyar menyebutkan di Bulan Januari ini masih akan terjadi hujan deras yang berpotensi menyebabkan longsor dan pohon tumbang. “Kalau ada pohon yang berpotensi tumbang, lebih baik ditebang daripada nanti menimbulkan korban dan kerugian. Begitu pula hati-hati berlalulintas saat hujan di wilayah yang rawan longsor,” tutupnya. (sar)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sok Jago, Tusuk Pengunjung Minimart

Sel Jan 2 , 2018
Seorang pria bertato bernama Cristover alias Cristo (26) ditangkap Buser Polsek Denpasar Barat, setelah mengancam dan menusuk pengunjung minimart di Denpasar, Selasa (2/1/2018) dinihari. Kasus ini sempat heboh dan viral di media social (medsos).  Save as PDF

Berita Lainnya