Pimpinan UNR Yakin Lulusannya Jadi Bagian Generasi Emas Indonesia

Buktinya dua orang alumni UNR berhasil menjadi menteri di kabinet pemerintahan

(Last Updated On: )

FOTO: Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM, M.Hum., melepas wisudawati, Sabtu (1/7/2023).

 

DENPASAR – fajarbali.com | Perguruan Tinggi Swasta tertua kedua di Bali, Universitas Ngurah Rai (UNR) menambah 153 orang alumni dari program sarjana dan magister pada wisuda 41, pada Sabtu (1/7/2023), bertempat di Prama Hotel Sanur, Denpasar.

Untuk program magister, merupakan pelaksanaan wisuda ke-14 pada periode I tahun 2023 ini. Pimpinan UNR optimis, para alumninya mampu beradaptasi menjadi bagian dari generasi emas Indonesia.

Demikian dijelaskan Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM, M.Hum., di sela wisuda yang mengusung tema “Mewujudkan Generasi Emas Berlandaskan Tri Hita Karana sebagai Penggerak ASEAN Menjadi Episentrum Pertumbuhan Global” itu.

Menjadi bagian generasi emas, menurutnya tidak berlebihan. Sebab, buktinya dua orang alumni UNR berhasil menjadi menteri di kabinet pemerintahan. Disamping kepala daerah, legislator, pegawai di instansi pemerintahan vertikal dan horizontal, pegawai swasta dan sektor lainnya.

Tirka Widanti menambahkan, masa studi rata-rata untuk sarjana yakni 4 tahun dan untuk magister rata-rata 1 tahun 8 bulan.

“Yang tercepat untuk sarjana berasal dari Fakultas Ilmu Sosial Humaniora selama 3 tahun 5 bulan, dan magister 1 tahun 5 bulan berasal dari Magister Administrasi Publik,” kata Tirka Widanti.

Selanjutnya, lanjut Tirka Widanti, untuk Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi program sarjana diraih wisudawan Fakultas Hukum dengan IPK 4,00 dan IPK tertinggi untuk program magister diraih  wisudawan MAP dengan IPK 4,00.

Masih kata Tirka Widanti sejak didirikan 44 tahun lalu,  Universitas Ngurah Rai telah berhasil meluluskan sebanyak 10.441 orang sarjana dan magister.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, semua alumni dan seluruh pihak yang mendukung kemajuan, kerjasama, dan mengembangkan UNR selama 44 tahun hingga seperti sekarang.

“Untuk meningkatkan kualitas lulusan, kami terus berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen. Dan hingga wisuda periode I tahun 2023 terdapat 102 dosen tetap,” katanya.

Menurutnya, yang tak kalah membanggakan, sebagian besar  wisudawan maupun wisudawati 2023 ini sudah terserap pasar kerja baik sebagai PNS, karyawan swasta dan wirausaha mandiri.

Sementara untuk raihan akreditasi dan peringkat perguruan tinggi sebagai bentuk akuntabilitas publik, sebagian besar program studi periode pertama 2023 terakreditasi B dan khusus Prodi Hukum terakreditasi A.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya selama ini dan tidak membuat terlena, justru menjadi pemicu untuk berprestasi lebih baik lagi,” imbuh rektor.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia sekaligus Wakil Rektor I UNR Dr. Ade Maharini Adiandari S. Sos, MM, RFP, CFP, AEPP., berharap ilmu yang sudah didapat di UNR bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

FOTO: Ketua Panitia Wisuda Dr. Ade Maharini Adiandari S. Sos, MM, RFP, CFP, AEPP (tengah).

Ke depan pihaknya akan melakukan re-branding apalagi belakangan ini kampus ini sangat diminati pekerja.

“Kami memiliki rencana memperluas jaringan, dengan menjaring mahasiswa berasal dari press graduated dan mengembangkan berbagai program dan promosi, meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya.

Ketua Yayasan Jagadhita Denpasar, Dr. Drs. Anak Agung Gede Raka, M.Si.,  menambahkan, yayasan akan lebih banyak menyiapkan fasilitas perkuliahan. Sehingga bisa menghasilkan SDM yang mumpuni dan mampu bersaing ketat.

“Sejak berdiri tahun 1979, saya lihat semakin bagus dan mengapresiasi Bu Rektor dengan kegiatan yang dilaksanakan dalam Tri Darma Perguruan Tinggi,” jelas Agung Raka.

“Para  wisudawan, semua bahwa ijazah tidak semata-mata hanya ijazah, tapi bagaimana implementasi ilmu yang didapat saat berada di lapangan,” pesannya. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua wisudawan karena telah mempercayakan anaknya kuliah di UNR.

Lulusan terbaik dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil diraih Ni Putu Ninak Widian Putri, ST dengan IPK 3,71. Prodi Manajemen, Ni Nyoman Anggreni, SM dengan IPK 3,99. Prodi Hukum Ni Made Asti Listya Ranti, SH dengan IPK sempurna 4,00. Prodi Administrasi Publik diraih Ni Made Handayani, SAP dengan IPK 3,98. Serta dari Prodi Magister Administrasi Publik diraih I Gusti Putu Sudiana dengan IPK sempurna 4.00. (Gde)

Next Post

Berbaur dengan Rakyat! Gerindra Gianyar Taat Imbauan Ketua Umum

Sab Jul 1 , 2023
Seluruh pengurus dan kader Partai Gerindra berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat
Tagel 111

Berita Lainnya