Petani Keluhkan Pembuangan Bangkai Ayam di Saluran Irigasi

(Last Updated On: )

TABANAN-fajarbali.com | Sejumlah petani mengeluhkan bangkai ayam dalam karung yang dihanyutkan pada saluran air Subak Gunung, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Tabanan.



Hal ini bukan terjadi untuk pertama kalinya, namun sudah berkali-kali dan menimbulkan bau tak sedap serta terkadang menyumbat saluran irigasi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, dua karung berisikan bangkai ayam yang sudah mulai busuk Rabu pagi (4/4/2018), tampak menyumbat saluran air subak Gunung. Bau busuk dari bangkai ayam itu pun mulai menggangu para petani yang beraktifitas di sekitar lokasi.



Salah seorang petani, I Putu Parta, mengatakan jika saat melihat kondisi tersebut ia pun terpaksa menggeserkan dua karung bangkai ayam tersebut agar tak menyumbat saluran irigasi. Dan menurutnya, meskipun hal itu tidak terjadi setiap hari, namun ia sudah sering menjumpai ada bangkai ayam yang hanyut. “Kadang hanya beberapa ekor, lalu sekarang dua karung,” ujarnya.

Ditambahkan oleh petani lainnya yang enggan dikorankan namanya, diduga bangkai-bangkai ayam tersebut dihanyutkan dari hulu aliran irigasi subak tersebut dan diduga dibuang secara sembunyi-sembunyi. “Entah pekerja atau peternak ayamnya yang membuat kami tidak tahu, yang jelas buangnya sembunyi-sembunyi,” ungkap petani tersebut.




Jika hal ini terus terjadi, pihaknya khawatir lingkungan akan tercemar terutama lingkungan pertanian. Bahkan juga dikhawatirkan dapat menjadi wabah penyakit, sehingga instansi terkait patut bertindak. “Kalau dibiarkan, selain mencemari lingkungan juga akan menjadi wabah penyakit,” tandasnya. (kdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ditemukan Ribuan DPS Ganda Dua Kali di Tabanan

Rab Apr 4 , 2018
(Last Updated On: )TABANAN-fajarbali.com | Sebanyak 2.796 nama ganda dua kali ditemukan dalam Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) Pilgub Bali oleh Panwaslu Tabanan. Selain ganda dua kali, panwaslu Tabanan juga menemukan ganda tiga kali yang berjumlah 15.

Berita Lainnya