Pesan Kain Brokat Perancis Seharga Rp 52 Juta, Pria Asal Banyuwangi Diciduk

17 Views

DENPASAR -fajarbali.com |Kejahatan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan modus cek kosong diungkap Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Denpasar Barat. Kasus ini sebelumnya dilaporkan oleh korbannya Sholihan (32) dengan kerugian Rp 52.500 juta. Polisi berhasil menangkap pelakunya Sasmito di  Banyuwangi Jawa Timur. 

Menurut Kanitreskrim Polsek Denbar Iptu Andi Muhamad Nurul Yaqin, tersangka Sasmito ditangkap di salah satu rumah di Jalan KH Ahmad Asyari Dusun Susukan Banyuwangi Jawa Timur, Minggu (17/5/2020) sekitar pukul 20.00 Wita. “Setelah ditangkap tersangka langsung kami bawa ke Polsek,” ungkapnya Rabu (20/5/2020). 

Hasil interogasi, tersangka Sasmito membenarkan membeli kain brokat Perancis dari korban dengan menggunakan cek kosong. Sedangkan kain-kain tersebut sudah dijual ke para penjahit di Bali. “Dia kabur ke Banyuwangi setelah menjual kain tersebut,” ungkap mantan Kanitreskrim Polsek Kuta Selatan itu. 

Dijelaskannya, kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan itu berawal dari laporan korban, Sholihan, ke Polsek Denbar, 16 Mei 2020 lalu. Diceritakan, kejadianya terjadi 20 Agustus 2019 bertempat di Jalan Kebo Iwo Denpasar. 

Menurut Iptu Yaqin, tersangka Sasmito dan korban memang sudah lama kenal dan sering berbisnis. Namun kali ini tersangka memesan kain brokat Perancis ke korban seharga Rp 52.500 juta. Agar dipercaya, tersangka juga menyertakan cek dengan nilai sesuai kesepakatan awal. 

Korban asal Lumajang Jawa Timur itu percaya dan memberikan kain-kain tersebut. Namun ternyata setelah jatuh tempo, cek tersebut tidak ada dananya alias kosong. Akibatnya korban yang tinggal di Jalan Gunung Talang VI B nomor 8 Denpasar merugi Rp 52.500 juta dan melaporkannya ke Polsek Denpasar Barat. 

“Tersangka menggunakan modus membeli kain milik korban dengan menggunakan cek kosong,” ungkapnya. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolda Bali Bertemu Tokoh Ormas Islam di Bali, Sampaikan Sholat Idul Fitri di Rumah Masing-masing

Rab Mei 20 , 2020
17 Views DENPASAR -fajarbali.com |Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose bersilahturahmi dengan tokoh ormas Islam di Bali bertempat di ruangan Lounge Andalan Mapolda Bali, Rabu (20/5/2020). Dalam pertemuan itu membahas soal pelaksanaan malam takbiran dan Sholat Ied Idul Fitri ditengah wabah pandemi […]