Pentingnya Menoleh Kebelakang Saat Berkendara Agar Aman di Jalan Raya

(Last Updated On: )
Pentingnya menoleh kebelakang saat berkendara agar aman di jalan raya. (Foto: ist)

 

DENPASAR-fajarbali.com | Cek safety sebelum berkendara salah satunya adalah sikap kepala menoleh ke belakang. Tidak hanya itu penglihatan mata mengarah sampai melihat kebelakang dengan menolehkan kepala arah kesisi kanan atau kekiri.

Saat berkendarapun sikap menoleh kebelakang menjadi sikap yang penting, agar selalu cari aman. Dari sini mata akan mendapatkan informasi kondisi lalu lintas di belakang saat berkendara. Meski tergolong aksi ini sederhana, tapi ini penting untuk dilakukan para pengendara motor.

Berikut manfaat menoleh kebelakang saat berkendara dari team safety riding Astra Motor Bali :

Menengok Kearah Yang Benar

Pastikan sebelum berkendara dimulai dengan menengok ke arah belakang agar pandangan menjadi lebih luas. Meski ada spion, namun menengok ke belakang juga perlu untuk mengatasi keterbatasan spion.

Sarana Berkomunikasi Dengan Pengendara

Manfaat melihat ke belakang agar mengetahui situasi terkini di belakang kita sekaligus memberikan komunikasi dengan pandangan kepada pengendara di belakang mengajaknya agar lebih waspada.

Mampu Memprediksi Bahaya

Kebiasaan menoleh akan membiasakan kita dalam prediksi bahaya disekitar kita.

Untuk memastikan kondisi lalu lintas kosong atau ada pemakai jalan lainnya, bisa juga menghentikan motor atau pindah jalur. Selain itu pengendara disarankan berhenti di area aman sisi sebelah kiri jalan. untuk memastikan situasi di belakangnya aman.

Lakukan prediksi bahaya saat berkendara maupun saat berada dijalan raya dengan memperhatikan kondisi jalan raya, kendaraan didepan maupun dibelakang, kondisi motor yang dipakai dan pandangan pengendara sehingga sampai tujuan dengan selamat.

“Jadi, jangan lupa untuk selalu menengok ke belakang sebelum nge-gas biar tetap aman di jalan, selalu #Cari_Aman dijalan raya prioritas utama bagi penegndara agar perjalanan tetap menyenangkan serta selamat sampai ditujuan,” ucap Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius. (M-001/rl)

Next Post

Diduga Ada Kejanggalan dalam Proses Dupak, Mantan Analis Kebijakan di DPTK Badung Gugat PTUN

Ming Jun 23 , 2024
Makin membuatnya bingung, penilaian Dupak itu malah merujuk Peraturan Menpan No 45 Tahun 2013 di sana dibutuhkan 400 angka kredit.
1000039598

Berita Lainnya