Penjualan Sampah Plastik di TOSS Center Tembus Rp64 Juta 

SEMARAPURA-fajarbali.com | Program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung tak hanya berhasil mewujudkan pusat pengelolaan sampah, tetapi juga menjadi awal berdirinya Koperasi Gema Nadi Lestari. Bahkan, di Rapat Akhir Tahun (RAT) pedananya, koperasi tersebut sudah memiliki aset Rp124. 536.505.

Dengan unit usaha pengelolaan sampah yang sudah berhasil menjual sampah plastik senilai Rp64.392.423. Hal itu terungkap saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Gema Nadi Lestari yang dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Minggu (20/2). “Walaupun koperasi ini baru dan masih kecil, namun jika dipelihara dan dijalankan dengan baik maka akan bisa menjadi koperasi dengan Sisa Hasil Usaha (SHU) besar dan memberi manfaat besar bagi anggotanya. Kita harus memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan koperasi ini.” ujar Bupati Suwirta didampingi TP-PKK Ny. Ayu Suwirta.
Bupati Suwirta meyakini, selain mengelola sampah, TOSS Center juga memiliki peluang besar dalam mengembangkan usahanya di bidang pertanian. Apalagi dengan lahan di TOSS Center yang ada saat ini, bisa dimanfaatkan untuk usaha pertanian buah organik. Seperti pisang, kelengkeng dan buah lainnya, dengan didukung oleh pupuk organik yang dihasilkan dari sampah. 
“Koperasi ini juga sudah berhasil menjual sampah plastik sebesar Rp64 juta kepada Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI). Terimakasih kepada APSI yang sudah membantu kita dalam mengelola sampah plastik ini,” ujarnya. 
Sementara itu Ketua Koperasi Gema Nadi Lestari, Luh Ketut Ari Citrawati dalam laporannya menyampaikan, Koperasi Gema Nadi Lestari memiliki total aset Rp124. 536.505. Unit usahanya yakni pengelolaan sampah, entrepreneur, serta makan dan minum. Namun unit usaha yang paling utama dan sudah berjalan  adalah unit usaha pengelolaan sampah. Sejauh ini, Koperasi sudah berhasil menjual sampah plastik. Hasil penjualan sampah plastik sebesar Rp64.392.423 dikurangi total pengeluaran sebesar Rp60.598.263. Sehingga sampai tanggal 31 Desember 2021, dari hasil penjualan sampah plastik diperoleh SHU sebesar Rp.3.780.047.
Lebih lanjut dipaparkan, Koperasi Gema Nadi Lestari memiliki anggota awal sebanyak 43 orang. Seiring berjalannya waktu, jumlah anggota bertambah sebanyak 67 orang sehingga pada akhir tahun 2021 berjumlah 110 orang. Koperasi juga mendapatkan bantuan berupa alat-alat pengelola sampah, alat-alat perkantoran dan alat-alat kebersihan dari DPD APSI Bali-Nusa dengan total anggaran sebesar Rp 83.412.458. (dia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Maestro Seni Lukis Yang Juga Panglingsir Puri Agung Bangli Berpulang 

Sel Feb 22 , 2022
BANGLI-fajarbali.com | Bangli kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Kali ini, seorang maestro seni lukis bernama Anak Agung Gede Bagus Ardhana asal Tempek Puri Kilian, Banjar Adat Puri Agung Bangli berpulang pada Senin (21/2/2022).