Penghobi Tanaman Hias Marak, Pengaruhi Transaksi Tokopedia

Berikut empat tips memilih tanaman untuk memperindah hunian
Tokopedia bersama Plant Enthusiast, Nyonyadestira agar terlihat lebih asri.

 Save as PDF

Foto: Tanaman Hias. (ist)

 

DENPASAR – fajarbali.com | Berkebun menjadi salah satu hobi baru yang mulai marak sejak pandemi. Antusiasme masyarakat dengan hobi ini pun turut mendorong transaksi pada subkategori Taman di Tokopedia.

“Data internal Tokopedia mencatat Kota Makassar, Lamongan, Prabumulih, Buleleng, dan Lampung Selatan sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi di subkategori Taman pada periode September-November 2022 dibanding Juni-Agustus 2022,” ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, dalam keterangan pers yang diterima Fajar Bali di Denpasar, Rabu (7/12).

Dia menambahkan, Makassar bahkan mencatat kenaikan transaksi subkategori Taman sebesar lebih dari 3x lipat pada periode September-November 2022 dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

Sementara, Lamongan juga mencatat kenaikan hampir 2x lipat untuk subkategori ini pada periode yang sama.

Subkategori Taman pada aplikasi Tokopedia. (ist)

Berikut empat tips memilih tanaman untuk memperindah hunian Tokopedia bersama Plant Enthusiast, Nyonyadestira agar terlihat lebih asri.

Pertama, kenali karakter pohon atau tanaman. Sebelum membeli tanaman yang diinginkan, sangat penting untuk mengetahui karakter tanaman. Selain itu, sesuaikan pula jenis tanaman dengan luas lahan atau ruangan.

“Beberapa jenis tanaman, seperti ficus elastica atau karet kebo bisa tumbuh besar jika ditanam di tanah atau halaman depan rumah,” terang Nyonyadestira, dalam siaran pers yang sama.

Kedua, dia menyarankan memilih jenis tanaman yang mudah dirawat. Seperti,  tanaman hoya, anthurium, dan monstera sebagai pilihan untuk mempercantik teras rumah.

Sedangkan untuk halaman rumah, tanaman berkayu seperti karet kebo atau ketapang kencana yang pertumbuhannya akan membuat hunian terlihat rindang dapat menjadi pilihan.

Ketiga, temukan ritme penyiraman yang tepat. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah terlalu sering menyiram tanaman.

“Tanaman di dalam pot yang terlalu banyak menyerap air, dapat meningkatkan risiko kebusukan akar tanaman. Jadi, kita harus tepat menentukan jarak penyiraman. Penggunaan pupuk juga harus sesuai dosis,” ucapnya. 

“Menurut temuan Tokopedia, pupuk dan media tanam menjadi produk terlaris dalam subkategori Taman pada periode September-November 2022 dibanding Juni-Agustus 2022,” terang Rizky.

Sayur dan buah-buahan jadi alternatif tanaman.

Selain menanam bunga yang indah, bercocok tanam di halaman rumah juga bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah terlihat asri, misalnya tomat, timun, kangkung.

“Lokasi tanam untuk sayur dan buah-buahan pun harus diperhatikan. Pilih area yang bersih dan jauh dari pembuangan sampah agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman,” ucap Pemilik usaha Potme Farm asal Bali, I Gde Wikarga, yang fokus menjual benih tanaman.

Agar memudahkan pemula berhasil memanen, bisa gunakan paket grow kit yang sudah dilengkapi pupuk, benih, pot, dan cara menanam, seperti yang dijual Potme Farm di Tokopedia.

“Di sisi lain, data internal Tokopedia juga mencatat temuan menarik lainnya. Kota Denpasar, Kota Surabaya, Kota Palembang, Kota Makassar dan Kab. Karawang sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah kenaikan penjual subkategori Taman tertinggi pada periode September-November 2022 dibanding Juni-Agustus 2022,” tutup Rizky. (rl)

 Save as PDF

Next Post

Remaja Dituntut Aktif Mengedukasi Permasalahan HIV/AIDS Sedini Mungkin

Kam Des 8 , 2022
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng Nyoman Riang Pustaka saat membacakan sambutan PJ Bupati Lihadnyana. SINGARAJA – fajarbali.com | Peran remaja diminta turut berpartisipasi dalam membantu pemerintah menjadi agen perubahan dikalangan sebayanya dengan memberikan edukasi dan informasi yang benar sehingga permasalahan seks […]
BULELENG, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng Nyoman Riang Pustaka saat membacakan sambutan PJ Bupati Lihadnyana-708b2649

Berita Lainnya