Pengembangan Teknologi Pendidikan Mesti Diperkuat

(Last Updated On: )

DENPASAR-fajarbali.com | Kemajuan IPTEK era kini kian pesat. Untuk itu Indonesia mesti maju mengikuti perubahan jika tak ingin dikalahkan negara lain. Salah satu upaya, yakni pengembangan teknologi mesti diperkuat.

Persaingan global saat ini juga telah membuka fakta, bahwa negara-negara di dunia telah mengembangkan berbagai teknologi, tak terkecuali teknologi penunjang pendidikan.

“Kemajuan itu (pendidikan) bukan hanya dicapai oleh Indonesia saja. Negara luar juga mengembangkan IPTEK untuk pendidikan. Apakah kita akan puas dengan apa yang dicapai sekarang?” demikian disampaikan praktisi pendidikan, IGB Arthanegara usai upacara peringatan Hardiknas di IKIP PGRI Bali, Rabu (2/5/2018) pagi.

Arthanegara yang juga Ketua YPLP PT IKIP PGRI Bali itu menyatakan, era saat ini, ada banyak tantangan yang mesti dilalui oleh insan pendidikan, khususnya menyesuaikan diri menembus perubahan ke arah Revolusi Industri (RI) dan Revolusi Teknologi (RT) generasi 4.0.

“Pendidikan di Indonesia juga harus mampu mengimbangi perubahan yang terjadi, termasuk regulasi pendidikan di negara ini. Dan kami di IKIP PGRI Bali sudah mulai berbenah dengan penyiapan sarana pendukung ke arah teknologi,” tambahnya.

Sementara, Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta, SH., M.Hum., mengungkapkan, kemajuan pendidikan Indonesia dinilai belum merata. Kemajuan hanya terjadi dan dirasakan oleh masyarakat di perkotaan, dan wilayah dengan ekonomi baik.  

Ia melihat masih ada problem pemerataan kualitas, mutu, serta sarana penunjang pendidikan di wilayah pelosok. “Masih ada disparitas akses pendidikan antara masyarakat yang tinggal di perkotaan dan di pedesaan,” kata Suarta menimpali.

Suarta mencontohkan, media pembelajaran berbasis teknologi baru bisa dirasakan untuk siswa yang tinggal di kota-kota saja.

“Seperti kita lihat, belum semua sekolah mampu mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer, pen) dikarenakan, salah satunya akses sarana penunjang yang dibutuhkan,” terang Suarta. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gara-gara Penyakit Kulit, Ratusan Warga Tiongkok yang Terlibat Kejahatan Cyber Terbongkar

Rab Mei 2 , 2018
(Last Updated On: )DENPASAR-fajarbali.com | Kabar teranyar tertangkapnya ratusan warga Tiongkok yang terlibat kasus kejahatan Cyber International, Selasa (1/5/2018) lalu di tiga lokasi di Perumahan Mutiara Abianbase nomor 1A Mengwi, Badung, di Jalan Bedahulu XI Nomor 39, Denpasar dan di Jalan Gatsu I nomor 9, Denpasar. Kasus ini terungkap setelah […]

Berita Lainnya