Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia Desa Kukuh, dan Penyuluhan Cara Gosok Gigi pada Anak TK di Desa Kukuh, Tabanan

Pentingnya Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia Desa Kukuh, dan Penyuluhan Cara Gosok Gigi pada Anak TK di Desa Kukuh, Tabanan

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting di perhatikan apalagi pada saat lanjut usia. Penuaan merupakan proses alami perubahan jaringan tubuh yang dialami oleh setiap manusia, termasuk perubahan pada jaringan rongga mulut. Perubahan yang terjadi pada jaringan rongga mulut lansia jika tidak dirawat akan menyebabkan permasalahan seperti mulut kering ,kehilangan gigi, radang pada gusi, dan gigi berlubang. Pengetahuan lansia mengenai kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.Permasalahan yang banyak terjadi masyarakat lansia masih kurang peduli untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi kesehatan umum lainnya ,terlebih lansia biasanya memiliki riwayat penyakit lain seperti diabetes melitus. Pada lansia yang memiliki diabetes melitus sangat rentan untuk terkena penyakit gusi apabila tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu warga lansia di desa kukuh mengatakan kurang memahami cara merawat gigi dan mulut dengan adanya keluhan ini membuat mahasiswa kedokteran gigi melakukan edukasi untuk meningkatkan kepedulian bagi masyarakat lansia di desa kukuh kerambitn tabanan dan tentang pemeliharaan kesehatan gigi yang baik dan benar. Agar tidak terjadi permasalahan gigi di kemudian hari. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal kamis 01 september 2022 di Balai Serba Guna Desa Kukuh Pukul 06.30-selesai bersamaan dengan acara senam sehat lansia.

Edukasi dimulai setelah acara senam sehat kemudian para warga lansia dikumpulkan di satu tempat. Kegiatan dimulai dilanjutkan dengan penyampaian materi secara langsung dan interaktif kepada warga lansia menjelaskan tentang masalah kesehatan gigi yang sering terjadi pada lansia,apa saja penyebabnya,bagaimana cara mencegahnya, cara merawat gigi pada usia lansia, dan simulasi cara menyikat gigi yang benar dan para lansia di desa kukuh sangat antusias mengikuti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang diselenggarakan oleh mahasiswa kedokteran gigi. Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat bermanfaat bagi warga lansia di desa kukuh kerambitan tabanan dan bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari untuk bisa peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit gigi di kemudian hari.

Kami juga melakukan pengabdian masyarakat yaitu penyuluhan cara menggosok gigi yang benar kepada anak tk di desa kukuh kerambitan tabanan. belum adanya kesadaran anak dalam menjaga kebersihan mulut, untuk itulah anak-anak usia ini perlu bantuan dan motivasi orang tua dalam menyikat giginya. Kelompok anak-anak pada umumnya belum dapat menyikat gigi dengan baik dan efektif karena menyikat gigi itu tidak mudah terutama pada makanan yang lengket, serta sisa makanan yang berada pada permukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi. Untuk itulah mendisiplinkan anak untuk melatih pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar pada anak-anak sangat diperlukan agar sisa makanan yang tertinggal dipermukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bisa dibersihkan.

Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar yakni Desak Putu Dian Indiyani Putri dan teman sejawat saya Ibramsyah Md dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar mengadakan program kesehatan gerakan gosok gigi yang baik dan benar pada anak-anak yang bertempat di halaman TK Desa Kukuh Kerambitan Tabanan. “Menggosok gigi merupakan kegiatan sejak dini yang harus dilakukan anak-anak supaya kedepanya atau dewasanya nanti sudah punya bekal untuk ilmu kesehatan menggosok gigi. Program kesehatan menggosok gigi ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak didesa kukuh kerambitan tabanan dan anak-anak di tk kukuh juga sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti cara menggosok gigi yang benar.

Ni Putu Lisa Ernawatiningsih, S.Si., M.Si.

Penulis : Desak Putu Dian Indiyani Putri & Ibramsyah Md

Next Post

New Xpander Cross Resmi Hadir di Bali, Tawarkan Berbagai Fitur

Sab Sep 24 , 2022
New Xpander Cross Tawarkan Berbagai Fitur
xpndr1-9ad68c01