Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu FEB Unmas Medana Punia di Pura Batukau, Tabanan

Pengabdian kepada masyarakat ini berupa pemberian bantuan dana punia untuk pembangunan Bale Sari di pura setempat, penanaman pohon mahoni di lingkungan sekitar pura, pembersihan di areal pura dan penyuluhan kepada pengelola LPD Se-Kecamatan Penebel.

(Last Updated On: )

Bakti sosial Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmas Denpasar di Pura Luhur Batukau, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan, Minggu (19/2).

 

TABANAN – fajarbali.com | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar (FEB Unmas) menggelar pengabdian kepada masyarakat terpadu dosen dan mahasiswa di Pura Batukau, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Minggu (19/2/2023).

Pengabdian kepada masyarakat ini berupa pemberian bantuan dana punia untuk pembangunan Bale Sari di pura setempat, penanaman pohon mahoni di lingkungan sekitar pura, pembersihan di areal pura dan penyuluhan kepada pengelola LPD Se-Kecamatan Penebel.

Didampingi jajaran dekanat, Dekan FEB Unmas Dr. Putu Kepramareni, SE., MM menyampaikan, pengabdian ini merupakan agenda rutin, namun sempat terkendala pandemi sehingga beberapa periode tidak terlaksana.

Dekan FEB Unmas saat memberikan sambutan.

Tujuan kegiatan ini, kata Dekan, agar bisa membawa mahasiswa khususnya yang akan menyelesaikan studi untuk mencoba berada ditengah-tengah masyarakat sebelum benar-benar akan dilepas pada wisuda mendatang.

“Selain bermanfaat bagi mahasiswa, ini juga sangat penting bagi dosen sehingga bisa berbagi ilmu pada masyarakat, khususnya bidang ekonomi dan kesempatan ini sangat baik karena bisa sharing ilmu pada pengelola LPD Se-Kecamatan Penebel” ujarnya.

Menurut Kepramareni, menyasar LPD dalam penyuluhan ini karena LPD merupakan lembaga keuangan unik milik desa adat sehingga pihaknya tergerak mengupayakan LPD ini bisa berkembang, dan mewujudkan tata kelola LPD yang bersih, transparan, serta akuntabel, terlebih belakangan ini terdapat LPD yang terjerat kasus hukum.

Penyuluhan yang mengangkat tema pengelolaan LPD yang sehat, untuk meningkatkan daya saing ditengah era globalisasi ini diharapkan mampu menjadi tonggak untuk mengutamakan tata kelola LPD yang sehat.

Selain itu, LPD juga merupakan ujung tombak lembaga keuangan mikro di Bali yang memiliki fungsi penting dalam membangkitkan perekonomian krama Bali dan memperkuat eksistensi desa adat yang sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Pada kesempatan yang sama, Camat Penebel I Made Suryadharma sangat berterimakasih kepada FEB Unmas karena telah memperhatikan dan turut membantu dalam pembangunan Pura Luhur Batukau.

“Terimakasih atas perhatiannya, ini sangat bermanfaat, karena pura Luhur Batukau ini merupakan pura Sad Kahyangan Jagat Bali, umat Hindu dari seluruh Bali setiap hari selalu ada tangkil, dan kedepan kami tetap meminta perhatian terkait pengembangan potensi baik ekonomi, budaya, dan lain sebagainya yang ada di Kecamatan Penebel sehingga nanti bisa disinergikan dengan program FEB Unmas Denpasar” ucapnya usai menerima secara simbolis bantuan punia sebesar sebelas juta rupiah untuk pembangunan Pura Luhur Batukau.

Dekan FEB Unmas Dr. Putu Kepramareni, SE., MM (kiri) saat menyerahkan sacara simbolis bantuan dana punia untuk pembangunan Pura Luhur Batukau.

Ia berharap perhatian kedepannya terhadap pura pura yang lain di Kecamatan Penebel, serta dalam pengembangan potensi budaya maupun wisata juga bisa diberikan pemahaman maupun sosialisasi terkait pengelolaan wisata budaya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pemangku gede Pura Luhur Batukau, Perbekel Wongaya Gede, Perbekel Tengkudak, Bendesa Adat Wongaya Gede, serta mahasiswa tingkat akhir dari pihak FEB Unmas. (rl)

Next Post

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Resmi Meluncur di Bali

Sel Feb 21 , 2023
(Last Updated On: ) Chief Yamaha DDS Bali Andreas Tjahjadi (nomor 4 dari kiri) didampingi para owner Dealer Yamaha saat peluncuran Yamaha grand Filano Hybrid-Conneted, Selasa (21/2) di Trans Studio Mall  DENPASAR – fajarbali.com |Yamaha DDS Bali  secara resmi meluncurkan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. Kehadiran skutik  yang ditunggu-tunggu pecinta Yamaha […]
Yamaha grand Filano

Berita Lainnya