Penembaknya Seorang Mahasiswa, Polisi Sita Senapan Angin

Pelaku Masih Saksi, Belum Tersangka

 

MENGWI -fajarbali.com |Sehari mendalami penyelidikan kasus penembakan terhadap Ni Luh Putu Suksma Lusiana Putri (33) saat naik motor di Jalan Raya Ayunan Desa Ayunan Abiansemal Badung, Satuan Reskrim Polres Badung berhasil menangkap pelakunya, Firdaus Aby alias Abby (24). Mahasiswa pengemudi mobil Lexus yang kabur itu diringkus di salah satu villa di Jalan Dewi Sri, Kuta, pada Minggu 14 Agustus 2022. 
 
Namun sehari pascapenangkapan, Polisi belum menetapkan Firdaus sebagai tersangka. Sementara terungkap senjata yang digunakan untuk menembak korban adalah senapan angin. 
 
Menurut Kapolres Badung AKBP Leo Dedi Defretes pihaknya belum menetapkan pemuda asal Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat itu sebagai tersangka karena keteranganya masih didalami. 
 
“Masih diperiksa dan akan dilakukan gelar perkara dulu sebelum menaikan status pelaku menjadi tersangka,” ujarnya ke awak media saat menggelar jumpa pers, pada Senin 15 Agustus 2022. 
 
Selain mengamankan Firdaus Aby, Polisi juga menyita senjata laras panjang milik pelaku yang sebelumnya viral di media sosial. Senjata itu ternyata senapan angin bukan senjata airsoft gun laras panjang. 
 
Yang menarik, walau tidak ada korban jiwa, Polisi malah menutup wajah mahasiswa itu dengan zebo dan tangan tidak diborgol seperti pelaku kriminal lainnya. 
 
Perwira melati dua dipundak itu mengatakan dalam pengakuan Abby, senjata yang viral itu bukan dipakai pelaku tapi milik temannya bernama Ajik asal Penarungan, Mengwi. 
 
Dimana Ajik membawa senjata tersebut dalam posisi mengendarai motor sambil menunjukan lokasi menembak burung di lokasi. “Sedangkan pelaku membawa senapan ini dan berniat menembak burung kokokan di sawah,” ungkap AKBP Leo sembari menunjukan senapan angin yang dijadikan barang bukti.
 
Terkait pelaku memasang plat palsu di mobil warna putihnya, AKBP Leo mengatakan karena surat-surat kendaraannya mati. Sehingga Abby mengganti plat nomornya dengan nomor palsu agar aman dalam perjalanan dari Jakarta ke Bali. 
 
“Pelaku datang ke Bali untuk berwisata. Setelah kami cek, plat palsu itu milik mobil jenis Jeep di Jakarta. Kami sudah selidiki asal-usul mobil itu tidak terlibat kasus kriminalitas. Sehingga untuk mobil kami kenakan undang-undang lalu lintas. Mobil pelaku diangkut dari Jakarta dengan kendaraan towing,” bebernya. 
 
Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada Sabtu 13 Agustus 2022 sekitar pukul 14.30 wita. Pelaku sedang jalan-jalan sambil melihat-lihat burung di sawah. Ia bersama pamannya di dalam mobil berinisial Iwan (40). Mereka mengendarai mobil bernomor polisi B 66 FRD. 
 
Sebelum kejadian, pelaku memarkirkan mobilnya di TKP menghadap utara di barat jalan. Pelaku membawa senapan angin yang dipinjam dari temannya bernama Ajik yang datang ke lokasi mengendarai sepeda motor. 
 
Kejadian terjadi saat pelaku sedang menembak burung kokokan di tengah sawah dari dalam mobil. Nah saat menembak, korban asal Desa Gulingan, Mengwi, Badung melintas mengendarai sepeda motor. 
 
Apes, tembakan peluru senapan angin kaliber 4,5 mm mengenai korban. Parahnya penembakan itu memecahkan kaca helm, kaca mata sebelah kiri korban pecah. Sehingga korban mengalami memar di pelipis sebelah kiri.
 
Melihat korban tertembak, pelaku turun dan menanyakan korban. Namun lantaran warga berdatangan, pelaku naik ke mobil dan meminta Ajik yàng mengurus korban sembari memberikan uang. “Pelaku sempat memberikan uang ke korban untuk berobat melalui Ajik kurang lebih Rp.650.000,” bebernya.
 
Dari kejadian tersebut, Polisi menyita barang bukti satu unit kendaraan merk Lexus dan senapan angin warna coklat beserta peluru 23 butir. Polisi akan menjerat pelaku dalam pasal penganiayaan, lalu lintas dan membawa senjata tanpa dokumen. R-005 

Next Post

Jambret Tas Turis, Buruh Proyek di Terjang Timah Panas

Sel Agu 16 , 2022
Melawan dan Mencoba Kabur
IMG_20220816_002650-629e2d5f