Pariwisata Dongkrak Perekomian Nusa Penida

(Last Updated On: )

SEMARAPURA-fajarbali.com | Perkembangan pariwisata di Nusa Penida, Klungkung perlahan mulai memberi dampak positif bagi roda perekonomian warga setempat. Terbukti, pasar-pasar tradisional mulai bergeliat. Bahkan, yang meramaikan tak hanya warga lokal tetapi juga wisatawan manacanegara. 



Kondisi inipun sempat membuat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta terkejut. Bupati asal Nusa Ceningan ini merasa heran saat mengunjungi pasar malam di di Desa Sampalan, Nusa Penida, Rabu (29/5/2019).

Menurutnya, dibandingkan empat tahun lalu, yakni di awal-awal masa kepemimpinanya, kondisi pasar malam tersebut sudah mengalami perkembangan pesat. Menu yang ditawarkan kini beraneka ragam. Demikian juga dengan kualitas makanan dan penyajiannya. 



Uniknya, pengunjungnya juga dirasa cukup mengejutkan. Lantaran tidak hanya warga lokal, tapi wisatawan mancanegara juga nampak ikut menikmati sajian aneka kuliner tradisional tersebut. Bupati Suwirta pun sempat berbincang dengan salah seorang wisatawan asal Kanada bernama Sabrina. Menurut gadis yang berwisata untuk merayakan kelulusan tersebut, objek wisata di Nusa Penida sangat mengagumkan. Apalagi didukung dengan harga penginapan yang tidak terlalu mahal. 

“Dia (Sabrina) mengaku kagum terhadap perkembangan di pulau Nusa Penida, dirinya merasakan kenyamanan ketika berkunjung ke Nusa Penida. Harga penginapan yang ditawarkan untuk wisatawan juga tidaklah terlalu mahal,” ujar Bupati Suwirta usai berbincang dengan Sabrina dan teman-temannya. 



Tak hanya wisatawan asing, I Dewa Gede Suata, warga asal Desa Mentigi juga menyanpaikan hal yang senada atas perkembangan Nusa Penida saat ini. Bahkan pria yang sempat merantau ke Ubud, Gianyar ini saat ini sudah kembali ke kampung halamannya. Melihat peluang usaha yang menggiurkan, Ia lantas membuka sebuah warung makan. “Saya dulu bekerja di daerah Ubud, tapi sekarang memilih untuk membuka usaha di Nusa Penida, karena ingin pulang ke kampung halaman dan mencoba peruntungan di daerah asal dengan membuka warung makan,” ujarnya. 

Melihat ramainya wisatawan yang menikmati suasana malam dengan makanan tradisional, Dewa Suata pun mengaku kagum. Agar kondisi ini terus berjalan, dirinya pun berharap para pelaku wisata tetap mempertahankan kualitas. Demikian juga dengan para pedagang di pasar tradisional, agar terus menjaga kebersihan makanan serta menyapa wisatawan dengan ramah.



“Semua pelaku pariwisata khususnya para pedagang agar selalu menjaga kualitas, kebersihan dan keramahan. Sehingga tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida,” harapnya. (dia/Fajar Bali)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasar Murah Sambut Idul Fitri di Bangli Diserbu

Kam Mei 30 , 2019
(Last Updated On: )BANGLI-fajarbali.com | Pelaksanaan pasar murah yang digelar Polres Bangli bekerjasama dengan Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli dalam menyambut hari Raya Idul Fitri di kabupaten Bangli disambut antusias oleh masyarakat, Rabu (29/5/2019).

Berita Lainnya